PKB Tak Ambil Pusing Soal Hasil Survei di Probolinggo

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Muad (bersarung) saat bersama Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza. /RMOLJatim.
Sekretaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Muad (bersarung) saat bersama Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza. /RMOLJatim.

Menyikapi adanya survei Calon Bupati Probolinggo 2024, Pengurus DPC PKB Kabupaten Probolinggo angkat bicara.


Apalagi, dalam survei yang beredar itu menyebutkan, kalau Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Abdul Malik Haramain hanya mampu memperoleh 9,8 persen saja.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Muad mengatakan, kalau survei tersebut hanya mengambil sampel dari orang segelintir saja.

Akan tetapi, PKB saat ini lebih fokus pada pemenangan Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024. Sebab, untuk mengusung calon Bupati Probolinggo penentuannya ada di Pileg.

"Kita tidak mau berwacana dulu, karena kita saat ini fokus konsolidasi dengan semua kalangan termasuk kader-kader PKB,"kata Muad, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (9/01).

Adanya hasil survei yang menyatakan kalau ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Abdul Malik Haramain nomor urut 3, itu sah-sah saja.

"Karena ketua DPC kita Mas Malik ini lebih fokus pada pemenangan partai PKB 2024 ini. Bukan lebih fokus pada dirinya," sebutnya.

Sebab untuk menjadi calon Bupati Probolinggo, Sebut Muad minimal harus mempunyai 9 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo.

"Sebenarnya kalau ngomong masalah modal untuk calon Bupati Probolinggo, PKB menjadi partai pemenang nomor 2 di Kabupaten Probolinggo," tegas dia.

Muad pun mencontohkan, kalau saat ini DPC PKB Kabupaten Probolinggo mempunyai 7 kursi legislatif di DPRD Kabupaten Probolinggo.

"Itu merupakan perolehan Pemilu 2019 Alhamdulillah PKB mendapat 7 kursi legislatif di Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Namun demikian PKB masih percaya diri dan meyakini kalau PKB pada tahun 2024 jadi partai pemenang dalam pemilu serentak.

"Apalagi dalam survei itu juga menyebutkan kalau partai PKB ini hasil surveinya tertinggi di Kabupaten Probolinggo," kata Muad, menyikapinya dengan tertawa.

Dengan menunjukkan data hasil survei PKB tertinggi di Kabupaten Probolinggo, yang jelas pada pemilu 2024 nanti PKB bakal menjadi partai pemenang.

"Karena untuk memberangkatkan calon Bupati itu, kendaraan dulu diperbaiki baru ngomong soal calon Bupati,"ujarnya.

PKB sendiri jelas Muad, menargetkan 12 Kursi legislatif di DPRD Kabupaten Probolinggo pada Pemilu Serentak 2024 ini.

Perlu diketahui, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terus melakukan survei politik menjelang tahun politik 2024.

Survei dilaksanakan secara nasional, regional, bahkan hingga ke sejumlah kota atau provinsi.

Dalam survei nasional capres, LSI Denny JA juga telah menghasilkan elektabilitas capres cawapres. 

Termasuk para king maker yang menjadi penentu perhelatan pilpres 2024 nanti.

Selain survei nasional, LSI Denny JA juga melakukan survei di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Salah satunya Kabupaten Probolinggo yang mengalami 'tsunami' politik pasca OTT KPK kepada Bupati Probolinggo dan suaminya setahun lalu.

Dalam survei yang dilakukan akhir tahun 2022 itu, LSI mendapat banyak temuan menarik di Kota Santri ini.