Jelang Pemilu, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Mengajak Masyarakat Melek Politik

Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua PC PD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto/dok. RMOLJatim
Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua PC PD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto/dok. RMOLJatim

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi kembali mengajak masyarakat untuk melek terhadap politik, khususnya menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.


Hal itu, diungkapkan Michael Edy Hariyanto di sela-sela kegiatan Reses di Desa Tambakrejo, Kecamatan Muncar. Ia menyampaikan, bahwa politik dapat diartikan segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan politik untuk mewujudkan kebaikan bersama.

“Saya kesini untuk serap aspirasi, edukasi dan juga saya ingin bertemu dengan masyarakat, sehingga nanti kedepan program-program bisa sesuai kondisi riil di lapangan,” ujar Michael di sela-sela kegiatannya, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (12/1).

Dari hal itu, upaya untuk memberikan edukasi kepada warga harus terus digalakkan, agar semakin banyak masyarakat yang memahami tentang politik. Termasuk, saat memilih calon anggota dewan nantinya supaya tidak terjerumus ke politik uang.

Minimal, sebagai warga negara harus mengetahui rekam jejaknya saat menjadi anggota dewan. Kalau diperlukan, kata dia, diselidiki juga terlebih dahulu dari sekian calon-calon baru yang ada.

“Yang diketahui rakyat memilih itu karena ada uangnya. Ini bukan murni kesalahan masyarakat, karena masyarakat tidak mengerti tentang politik. Kalau ini terus-terusan seperti ini jangan harap akan ada perubahan di masyarakat,” paparnya.

Michael yang juga Ketua DPC Partai Demokrat itu menambahkan, karena sebenarnya tujuan politik itu baik. Maka, dalam Pemilu 2024 mendatang ia mengajak untuk memilih orang yang baik, sehingga tujuan untuk mewujudkan kebaikan bersama dapat dirasakan bersama-sama.

“Jangan memilih orang atau calon karena uang di tahun 2024,” tegasnya.