Bupati Jember Minta Perumdam Pandalungan Jember Tingkatan Layanan kepada Masyarakat

Bupati Jember Hendy Siswanto
Bupati Jember Hendy Siswanto

Bupati Jember, H. Hendy Siswanto, mengapresiasi capaian Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pandalungan, atas capaian kinerja selama tahun 2022. 


Sebab, ada tiga poin yang dilakukan perusahaan milik pemerintah daerah tersebut, dalam melakukan kompetisi inovasi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 

Yaitu kinerja para karyawan perusahaan, tingkat volume air untuk pelayanan, dan tidak adanya saluran air yang buntu.

Hal ini terungkap dalam acara Silaturahmi dan Closing Program Satus Dino ( seratus hari) bersama dengan Perumdam Tirta Pandalungan Jember, di Pendopo Wahyawibawa Graha Jember, Sabtu (21/1) siang. 

Juga hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pengawas Perumdam Tirta Pandalungan Jember, Ervan Setiawan serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bobby A. Sandy.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Hendy mengaku terkesan dengan Program Satus Dino, yang telah dipaparkan. Ini sudah saatnya Perumdam untuk bangkit.

"Ilmu dan pengalaman yang sudah ada,  harus dikemas untuk maju lebih baik lagi. Salah satunya, meningkatkan pelayanan untuk pelanggan dan menyejahterakan karyawan. Itu pertanda sebagai sebuah perusahaan yang bagus," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati menegaskan bahwa Perumdam Tirta Pandalungan, diharapkan tidak bekerja fokus persoalan bisnis. Menurutnya, keuntungan perusahaan memanglah penting, namun kualitas pelayanan dan kebermanfaatan terhadap masyarakat jauh lebih penting. Karena itu, dia mendorong Tirta pendalungan terus berinovasi dalam mengelola perusahaan.

"Jangan hanya sampai pada tahap kompetisi saja. Mengingat, jika bisa dikembangkan dengan baik inovasi-inovasi itu, tentu bisa memajukan pelayanan untuk masyarakat Jember," katanya. 

Bupati Hendy juga berharap pada 2023 ini, Perumdam mulai berkolaborasi dengan perusahaan lain. Tidak tertutup kemungkinan, juga bisa bekerja sama dengan masyarakat. Jika ada masyarakat yang mampu, lanjutnya, bikinkan masyarakat program untuk berinvestasi.

Dia  juga menyampaikan apresiasinya terhadap berjalan kepemimpinan Dirut  Perumdam, Miftahur ridho, yang dinilai cukup baik selama 100 hari ini. Termasuk pemenuhan penyaluran air bersih di rumah-rumah ataupun pemukiman warga Jember. 

"Namun  penyaluran air bersih ini, masih perlu diperluas hingga ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Jember," terang dia.

Dari data yang bupati terima, pelanggan air bersih Perumdam Tirta Pandalungan baru menjangkau 11 kecamatan di Kabupaten Jember, dengan jumlah 40.000-an pelanggan. Padahal jumlah kecamatan di Kabupaten Jember, ada 31 kecamatan dengan jumlah penduduk 2,6 juta jiwa. Bupati berharap perusahaan yang dipimpin Miftahur Ridho, ini  mampu mengembangkan jaringan air bersih, sampai ke seluruh kecamatan di Kabupaten Jember.

Foto: Bupati Jember, H. Hendy Siswanto saat menghadiri acara Silaturahmi dan Closing Program satus Dino Perumdam Tirta Pandalungan.