SDM Unggul Kunci Generasi Muda Membawa Estafet Kepemimpinan

Wakil Presiden Maruf Amin/Net
Wakil Presiden Maruf Amin/Net

Wakil Presiden RI Maruf Amin menekankan bahwa faktor penentu keberhasilan suatu bangsa ialah Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.


“Salah satu prioritas negara saat ini adalah memastikan terwujudnya sumber daya manusia Indonesia unggul, yaitu generasi muda pembawa estafet kepemimpinan bangsa,” kata Maruf Amin saat menghadiri secara virtual Wisuda Sarjana Angkatan XXVI Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta, Minggu (22/1).

Menurut Wapres, sebuah bangsa wajib memiliki SDM unggul sebagai kunci menciptakan kemakmuran di bumi. Lebih lanjut, mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU) ini menuturkan, pendidikan juga menjadi faktor utama dalam mencetak generasi unggul yang berdaya saing dan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi.

“Manusia unggul adalah manusia yang sehat, cerdas, produktif, berdaya saing, berakhlak mulia, dan berkomitmen kebangsaan. Untuk itu, kuncinya terletak pada aspek pendidikan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, ia menyebutkan dua faktor esensial mengenai penciptaan sumber daya manusia unggul, yaitu sumber daya manusia yang memahami ilmu agama serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus berjalan beriringan.

“Keduanya haruslah berjalan beriringan dan saling melengkapi,” imbaunya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.