Lantik 657 Anggota PPS, KPU Bondowoso Nyatakan Siap Sukseskan Pemilu 2024

Komisioner KPU bersama seluruh anggota PPS secara simbolis melepas burung dara di alun-alun Bondowoso usai dilanti/RMOLJatim
Komisioner KPU bersama seluruh anggota PPS secara simbolis melepas burung dara di alun-alun Bondowoso usai dilanti/RMOLJatim

Sebanyak 657 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) baru saja dilantik oleu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso di Ballroom Hotel Grand Padis, Selasa (24/1). 


Jumlah tersebut masing-masing merupakan tiga perwakilan di 219 Kelurahan dan desa seluruh Bondowoso yang terdiri dari 424 laki-laki dan 233 perempuan. 

Angka ini melampaui dari batas ketentuan, yakni minimal 30 persen diisi oleh perempuan. Sebelumnya, mereka telah mengikuti berbagai tahapan, mulai dari seleksi administrasi, tes CAT hingga tes wawancara.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Bondowoso, Sunfi Fahlawati mengatakan, jumlah partisipasi perempuan dalam rekrutmen PPS kali ini terbilang cukup tinggi.

Menurut dia, hal ini berkaitan dengan dua komisioner di Bondowoso yang diisi oleh perempuan. 

“Keterwakilan perempuan hingga tingkat bawah, alhamdulillah semakin baik,” katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Setelah dilantik, para anggota PPS diminta harus langsung bekerja maksimal. Sesuai dengan aturan yang sudah ada sebelumnya. 

Mengingat tugas pertama sudah menanti, yakni melakukan rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Hal ini akan dilakukan sejak 26 Januari mendatang.

 “Mekanismenya tetap melalui Siakba ya. Tidak sistem tunjuk seperti sebelumnya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bondowoso, Junaidi juga mengatakan, segala bentuk pengumuman resmi hanya dimunculkan di website resmi yang ada. 

Termasuk pengumuman daftar anggota PPS yang terpilih. Tentunya, setelah melewati tahap pleno oleh semua komisioner.

 “Tidak ada perubahan dari hasil pleno yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Usai pelantikan selesai, seluruh anggota PPS bersama komisioner KPU secara simbolis menggelar pelepasan burung dara di alun-alun Bondowoso. 

Dalam acara tersebut, disampaikan Junaidi menandai bahwa KPU Bondowoso siap bekerja dan sukseskan Pemilu 2024.