Harlah NU Satu Abad, PCNU Bondowoso Rakor Dengan Polres Soal Keberangkatan Rombongan ke Sidoarjo

Rakor pemberangkatan rombongan PCNU ke Sidoarjo/ist
Rakor pemberangkatan rombongan PCNU ke Sidoarjo/ist

Nahdlatul Ulama (NU) akan memasuki usia seratus tahun atau satu abad pada 16 Rajab tepatnya 7 Februari 2023 mendatang.


Resepsi puncak hari lahir (Harlah) NU akan berlangsung di stadion Gelora Delta Sidoarjo, yang sedianya dihadiri sejuta warga NU se Indonesia.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso bersama Polres Bondowoso melaksanakan kegiatan rapat koordinasi pemberangkatan rombongan PCNU Kabupaten Bondowoso dalam rangka menghadiri resepsi puncak satu abad NU ke Sidoarjo. 

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, S.I.K. menjelaskan bahwa rakor tersebut dalam rangka menindaklanjuti rombongan warga NU Bondowoso yang akan berangkat ke Sidoarjo. 

"Kita petakan titik kumpul keberangkatan, selama perjalanan, titik parkir, selama kegiatan hingga kembali ke Kab. Bondowoso," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (30/1). 

Pihaknya memahami bahwa kegiatan 1 abad NU nantinya akan dihadiri jutaan jemaah warga NU atau Nahdliyyin seluruh Indonesia sehingga tidak semua jemaah bisa masuk ke lokasi kegiatan.

"Kami harap pengertiannya untuk saling menjaga ketertiban dan keselamatan," terangnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Bondowoso K.H. Abdul Qodir Syam, menyampaikan terimakasih kepada Polres Bondowoso atas dukungan dan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan PCNU Bondowoso. 

Besarnya antusias jemaah yang akan menghadiri resepsi 1 abad NU juga akan berdampak kepada resiko dan tanggung jawab yang akan dihadapi namun apabila semua itu dilakukan dengan niat baik insyaallah semua bisa berjalan lancar, "tuturnya.

"Mewakili warga NU Bondowoso,kami terimakasih atas dukungan dan fasilitas yang akan diberikan oleh Polres Bondowoso " ungkapnya.

Selain itu, Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Suryono mengatakan, rencananya peserta akan berangkat pada hari Senin, 6 Februari 2023 pukul 15.00 wib dan estimasi tiba di Sidoarjo pukul 20.00 Wib. 

Titik kumpul alun-alun Bondowoso pukul 13.00 Wib dengan ujung Pemberangakatan di depan Bank Jatim Cabang Bondowoso.

"Polres Bondowoso menyiapkan ranmor dinas Patwal 3 Unit serta 3 unit mobil ambulans agar panitia maupun koordinator menyiapkan tanda khusus pada kendaraan angkut jemaah yang menjadikan dari Kabupaten Bondowoso," terangya.

Banyaknya armada bus yang dibutuhkan pada kegiatan 1 abad NU sehingga diharapkan koordinator masing - masing MWCNU melakukan pengecekan kelayakan armada bus yang akan digunakan termasuk kendaraan pribadi.

Lebih dari itu, Polres Bondowoso juga meminta agar setiap kordinator rombongan mendata setiap anggota yang ikuti rombongannya.