Pemuda Asal Jember Nekat Gowes ke Sidoarjo Demi Hadiri Resepsi 1 Abad NU

Syamsul Arifin saat gowes ke Sidoarjo/RMOLJatim
Syamsul Arifin saat gowes ke Sidoarjo/RMOLJatim

Ribuan Nahdliyin atau warga NU asal Jember menghadiri acara resepsi 1 Abad Nahdlatul ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo dengan kendaraan umum dan pribadi.


Namun ada seorang pemuda nekad gowes dengan berkendara menggunakan sepeda kayuh dari Jember menuju Sidoarjo menempuh jarak sekitar 177 kilometer.

Dia bernama Syamsul Arifin, 21 tahun, warga Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo.

Menurut Kepala Desa Sidodadi, Suyono, Syamsul Arifin, berangkat ke Sidoarjo pada Minggu (5/2) sore.

"Syamsul Arifin adalah warga kami. Dia pengurus GP Ansor Ranting Desa Sidodadi," ujar Suyono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (6/1). 

Dia menjelaskan, pemuda tersebut memiliki tekat yang kuat untuk datang ke acara 1 abad NU, meski hanya  menggunakan sepeda kayu,  seorang diri.

Karena keinginan yang kuat ini lah, akhirnya Pengurus MWCNU Tempurejo mendukungnya. Terlebih lagi, dia adalah pemuda pertama yang melakukan gowes dalam acara 1 Abad NU.

"Prosesi pemberangkatan dilakukan di kantor MWCNU Tempurejo," katanya.

Suyono  juga mengapresiasi warganya menghadiri acara resepsi 1 Abad NU, meski dengan menggunakan sepeda kayuh.

Sementara Syamsul Arifin mengaku terpanggil untuk ikut menyukseskan acara 1 Abad NU, meski harus mempuh ratusan kilometer gowes (sepeda kayuh).

Selain berolahraga juga untuk menjalin silaturahmi, bisa berkumpul dengan para ulama dan warga Nahdiyin yang datang dari seluruh Indonesia dan dunia.

"Kami ingin menjadi bagian dari sejarah NU dan mendapatkan barokah ulama NU," katanya.

Skretaris PCNU Jember, Dr KH Hamid Pujiono menjelaskan ada hampir 7 ribu warga NU Jember mendatangi resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo. Mereka mengendarai 80 bus, 60 kendaraan elf serta beberapa kendaraan pribadi. 

"Jumlah yang melaporkan secara resmi ke PCNU Jember, sebanyak 6.970 orang," ucap Pujiono yang juga Dosen UIN Khas Jember ini, saat memberi sambutan BUMNU, Senin siang.

Dia berharap seluruh warga Nahdiyin yang berangkat ke Sidoarjo berjalan lancar, selamat sampai tujuan hingga kembali ke Jember.

Sedangkan Pengurus PCNU Kencong mengerahkan sekitar 2.700 warga Nahdliyin dengan 30 BUS dan puluhan kendaraan elf.