Gandeng Yayasan Buddha Tzu Chi, Biddokkes Polda Jatim Gelar Operasi Katarak, Hernia dan Bibir Sumbing Gratis

Pamflet baksos kesehatan Biddokkes Polda Jatim/IST
Pamflet baksos kesehatan Biddokkes Polda Jatim/IST

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, mengadakan serangkaian acara peringatan Hari Bhayangkara ke 77 Tahun 2023.


Acara tersebut bertajuk "Baksos Kesehatan ke-137 Polda Jatim dan Tzu Chi" dengan target sasaran masyarakat umum.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Jatim Kombes Pol dr. H. Erwin Zainul Hakim mengatakan, Baksos Kesehatan ini digelar secara gratis.

"Baksos Kesehatan ini gratis untuk operasi katarak, hernia, benjolan dan bibir sumbing," kata Kombes Erwin Zainul Hakim, dalam rilis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Senin (6/2).

Perwira dengan melati tiga di pundaknya itu menambahkan, untuk calon peserta yang ingin mendaftar, harus memperhatikan persyaratan. Adapun syarat pendaftaran bagi calon peserta, wajib membawa foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK), surat keterangan dokter.

"Ada syarat yang harus dipenuhi calon peserta. Pertama, wajib membawa foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK). Kedua, surat keterangan dokter yang menyatakan pasien menderita katarak, hernia dan benjolan. Untuk pasien celah bibir, bayi minimal usia 3 bulan dan berat badan 5 kilo gram. Sedangkan untuk pasien celah langit, bayi minimal usia 1.5 tahun dan berat badan 10 kilo gram," terang Erwin.

Masih kata Erwin, operasi akan dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya, H.S Samsoeri Mertojoso, Jalan Ahmad Yani no.116, Surabaya.

"Operasi akan dilakukan di RS Bhayangkara Samsoeri Mertojoso, dengan kuota 500 pasien. Untuk pasien katarak 340 orang, benjolan 100 orang, hernia 40 orang dan bibir sumbing 20 orang," bebernya.

Setelah calon pasien mendaftar, tambah Erwin lagi, mereka juga harus memperhatikan jadwal screening dan jadwal operasi. "Untuk jadwal screening dilakukan Sabtu 4 Maret 2023 mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB. Dan untuk jadwal operasi akan dilakukan pada hari Jumat - Sabtu, 10 - 11 Maret 2023," pungkasnya.

Pendaftaran sendiri telah dibuka sejak awal bulan Februari 2023 dan akan ditutup pada 1 Maret 2023. Info pendaftaran bisa menghubungi Ibu Olive khusus whatsapp di nomor 083856516225.