PT KAI Daop 7 Madiun Gelar Apel Peringatan Bulan K3 Nasional

Keterangan foto: PT KAI DAOP 7 Madiun apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 tahun 2023 di halaman Gedung Operational Control Center (OCC) Daop 7 Madiun./ist
Keterangan foto: PT KAI DAOP 7 Madiun apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 tahun 2023 di halaman Gedung Operational Control Center (OCC) Daop 7 Madiun./ist

PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun memperingati apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 tahun 2023 di halaman Gedung Operational Control Center (OCC) Daop 7 Madiun, Rabu (8/2).


Peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2023 mengusung tema "Proaktif dan Kolaboratif Mewujudkan Lingkungan Kerja dan Layanan Perkeretaapian Yang Sehat, Aman dan Selamat Untuk Keberlangsungan Bisnis Perkeretaapian Dan Usaha Penunjangnya".

"Seluruh insan KAI agar patuh terhadap Budaya Keselamatan," ujar Vice Presiden PT KAI Daop 7 Madiun, Dominicus Agung W.P, saat membacakan sambutan Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo. Saat apel Peringatan Bulan K3 Nasional ke-53 tahun 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT KAI (Persero), mengajak seluruh insan PT KAI untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam bekerja, dan itu menjadi prioritas utama.

Sementara itu, Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto usai apel mengatakan

peringatan bulan K3 ini, menjadi momentum bagi pekerja KAI untuk mengingatkan akan pentingnya pemahaman terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sehingga dapat tercipta tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

"Selain itu, PT KAI terus melakukan pemeriksaan kondisi prasarana dan sarana secara rutin, dan secara proaktif memeriksa titik rawan bencana dan potensi bahaya, sehingga seluruh pekerja yang berada pada lokasi tersebut, Aman," jelas Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto dikutip Kantor berita RMOLJatim.

Pada akhir kegiatan apel bulan K3, dilaksanakan simulasi penanganan pekerja yang mengalami kecelakaan saat menjalankan tugas bekerja.

Lebih luas, PT KAI juga aktif meningkatkan komitmen semua pihak agar bersama-sama berkolaborasi meningkatkan keselamatan, khususnya di perlintasan sebidang kereta api. Seluruh stakeholder, baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serikat pekerja/serikat buruh, swasta, perguruan tinggi dan media bahkan masyarakat luas, untuk selalu mengutamakan keselamatan dirinya saat berada di jalur dan perlintasan sebidang KA.