Nikmati Keindahan Alam Coban Rondo, AHY Promosikan Pariwisata Batu

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak komunitas maupun perorangan  yang memiliki hobby traveling, camping, maupun adventure untuk ikut mempromosikan keindahan alam dan pariwisata di Indonesia. 


"Promosi pariwisata dan keindahan alam Indonesia itu bisa dilakukan melalui wahana media sosial yang dimiliki, sehingga akan semakin banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung," kata AHY di sela kunjungan menikmati keindahan alam di kawasan Coban Rondo Kota Batu Jawa Timur, Kamis (9/2/2023). 

Overlanding Indonesia yang hadir di Batu bersama AHY ini bukan hanya berasal dari Jawa Timur, tetapi juga dari Sumatera Utara dan Lampung sangat mengagumi keindahan alam kawasan Coban Rondo terutama saat mereka berkeliling menggunakan kendaraan ATV.  

"Saya bersama teman-teman Overlanding Indonesia juga menyapa komunitas-komunitas yang hoby camping, hoby traveling, hoby Adventure. Termasuk malam hari ini kita melakukan malam gembira bersama teman-teman yang ada di sekitar Kota Batu," ungkapnya. 

Putera sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menjelaskan bahwa Overlanding Indonesia itu dia dirikan pada tahun 2020 saat masa pandemi Covid-19, dimana semuanya masih harus bekerja dari rumah dan serba sulit untuk beraktivitas. 

"Kejenuhan itu yang mendorong saya untuk menghadirkan sebuah komunitas untuk menjelajahi alam Indonesia. Jadi intinya Overlanding Indonesia itu adalah wadah bagi semua, ini bukan organisasi yang sifatnya politis. Ini komunitas jadi siapapun bisa bergabung bagi para pecinta dan penjelajah alam Indonesia," terang AHY. 

Salah satu misi Overlanding Indonesia, kata AHY adalah mempopulerkan, mempromosikan keindahan alam dan juga berbagai potensi pariwisata termasuk tentunya berharap bisa menggerakkan ekonomi kreatif para pelaku UMKM di sekitar daerah wisata. 

"Kami juga terus melakukan berbagai upaya kemanusiaan. Seperti misalnya ketika terjadi bencana alam di wilayah Sumatera Barat di Pasaman beberapa saat yang lalu kami datang untuk memberikan bantuan, paling tidak untuk mengurangi beban masyarakat yang tertimpa bencana. Begitu pula di Cianjur," beber suami Anisa Pohan ini. 

Ditegaskan AHY, untuk memajukan pariwisata diperlukan kebersamaan seluruh elemen bangsa untuk lebih  mempopulerkan pariwisata dan keindahan alam Indonesia daripada wisata di luar negeri.

"Overlanding Indonesia juga ingin terus bersinergi dengan pemerintah setempat. Seperti waktu di Sumatera Barat, kami punya komunikasi yang baik dan kerjasama dengan kepala daerah setempat untuk menjual keindahan alam yang ada di lokasi tersebut," pungkas AHY.