Lantik 481 CPNS, Bupati Yuhronur Efendi Tegaskan Sikap yang Wajib Dimiliki PNS

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyalami PNS usai melantik dan mengambil sumpah jabatan/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyalami PNS usai melantik dan mengambil sumpah jabatan/RMOLJatim

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bertindak mengambil sumpah janji dan melantik 481 CPNS menjadi PNS, di Aula Gadjah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (1/3).


Ia menekankan kepada PNS formasi 2019 itu untuk paham terhadap tugas Pemerintah Kabupaten. Tugas dasar yang harus dipahami ada 3, yakni menyelenggarakan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan memberikan pelayanan publik.

Pasalnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi elemen dari Pemerintah Daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, responsif, dan akuntabel. Untuk dapat berkolaborasi dalam mewujudkan good government, PNS diwajibkan untuk berdedikasi terhadap profesi masing-masing.

"Selamat kepada para PNS yang baru dilantik. Para PNS wajib untuk berdedikasi penuh akan profesi yang diemban. Karena kalian semua sudah menjadi elemen Pemkab Lamongan yang memiliki 3 tugas. 3 tugas ini juga harus diingat bahwa kita memiliki tanggung jawab dalam melakukan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan memberikan pelayanan publik," ujar Bupati yang akrab disapa Pak Yes, dikutp Kantor Berita RMOLJatim.

Dia juga membeberkan sikap yang harus dimiliki seorang PNS, yang mana mampu mensupport mewujudkan pemerintahan yang good government, diantaranya ialah fleksibelitas, kolaborasi, dan inovasi.

"Hidup pada distruktion era mengharuskan kita menjadi pribadi yang fleksibel agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai PNS harus gemar melaksanakan kolaborasi dengan siapapun untuk bisa mewujudkan tujuan, selain itu PNS wajib berinovasi agar mampu membawa kebaharuan," terang Pak Yes.

Terlebih mayoritas PNS yang dilantik pagi ini merupakan bagian dari tenaga pengajar atau guru yaitu sebanyak 300 PNS. Seorang guru diharapkan mampu membina kolaborasi dengan baik, tidak hanya dengan siswa melainkan juga kepada wali murid yang menjadi salah satu faktor efektivitas belajar siswanya.

Tidak lupa Pak Yes mengajak PNS baru untuk terus mengembangkan kapasitas diri melalui kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik.