Hujan Lebat Guyur Bondowoso, Sejumlah Kawasan Banjir hingga Longsor

Banjir di Kabupaten Bondowoso/ist
Banjir di Kabupaten Bondowoso/ist

Dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Bondowoso diguyur hujan lebat, termasuk yang terjadi hari ini, Minggu (5/3) yang turun sejak siang hingga sore tadi.


Akibatnya, banjir kembali menerjang sebuah perumahan di Desa Pancoran, Kecamatan Grujugan. Air meluap melewati rumah warga dan meluber hingga ke jalan raya. Akibatnya, banjir menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari arah Bondowoso-Jember maupun sebaliknya.

Bahkan dari video kiriman warga, hujan menyebabkan longsor di sekitar jembatan penghubung Desa Koncer dengan Bondowoso Kota.

Di lokasi lain, banjir terjadi di kawasan Maesan dan Desa Kejawan. Air meluap dari aliran sungai yang tidak mampu membendung derasnya air. Bahkan, hujan deras juga menyebabkan beberapa pohon tumbang di kawasan wisata Tasnan, Grujugan.

Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan menerangkan, pihaknya tengah berupaya melakukan inventarisasi beberapa kejadian yang terjadi secara bersamaan tersebut. Bersama warga, TNI, Polri, Camat saling bahu membahu untuk menangani banjir.

"Segala kejadian-kejadian yang ada di Kabupaten Bondowoso pada sore ini, kami bekerja sama dengan para Camat dengan Polsek dan dengan Kodim," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dari keterangan Sunaryati, salah satu warga Grujugan bahwa hujan deras membuat macet dari arah Desa Koncer hingga Grujugan Kidul. Bahkan, arus lalu lintas dibuat buka tutup untuk mengurai kemacetan hingga depan SPBU Grujugan.

Hingga kini, belum ada informasi resmi terkait kerugian yang diakibatkan dari banjir tersebut.