Firli Bahuri Didesak Mundur dari KPK, LPPI: Narasinya Terkesan Dipaksakan

Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia dukung Kepemimpinan Firli Bahuri di KPK RI/Ist
Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia dukung Kepemimpinan Firli Bahuri di KPK RI/Ist

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (LPPI) menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengalami perubahan menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan Firli Bahuri.


Keberhasilan Firli Bahuri terlihat dari pemberantasan korupsi di berbagai sektor dan lembaga. Bahkan para pejabat yang terjerat berasal dari hampir seluruh kelembagaan publik. Mulai dari ranah eksekutif, sampai lembaga pengawas eksekutif. KPK juga menjerat pejabat yudikatif dan kalangan swasta.

Ketua DPP LPPI, Dedi Siregar menegaskan, tak ada lembaga yang kebal dari penindakan KPK. Menteri maupun setingkat menteri, bahkan anggota DPR sampai gubernur ditindak KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri tanpa pandang bulu.

“Kami sangat menyayangkan pihak-pihak yang meminta Ketua KPK Firli Bahuri mundur dari KPK, karena alasannya tidak mendasar dan narasinya terkesan dipaksakan,” kata Dedi dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (7/4).

Dedi mengatakan, keliru jika memandang KPK di bawah era Firli Bahuri melemah. Sebaliknya, saat ini KPK telah banyak membongkar sejumlah kasus dan mengembalikan aset negara maupun dana hasil korupsi ke kas Negara.

“KPK juga membongkar kasus korupsi yang melibatkan pejabat keuangan negara. Lalu di tingkat pemerintah daerah, KPK telah menuntut gubernur, walikota, dan bupati ke pengadilan," ujar dia

Hal ini menunjukkan KPK efektif membongkar korupsi yang melibatkan pejabat negara di sektor eksekutif, sekaligus mencerminkan upaya penindakan korupsi berjalan efektif.

“Kami mengapresiasi dan akan mendukung KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri sebagai lembaga yang bertujuan untuk menyelamatkan bangsa ini dari bahaya laten korupsi,” demikian Dedi.