Jelang Pemilu, AHY Dapat Doa Khusus dari Kyai Baidhowi saat Sowan ke Ponpes Banyuanyar Pamekasan

AHY saat sowan di Ponpes Banyuanyar Pamekasan/ ist
AHY saat sowan di Ponpes Banyuanyar Pamekasan/ ist

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Hari Murti Yudhoyono sepertinya punya tempat  yang special bagi Pengasuh PP Al-Hamidy Banyuanyar atau PP Banyuanyar Timur.,  Raden KH Muhammad Rofii Baidhowi. 


Maklum Kyai Kharismatiik ini juga punya history yang baik dengan ayahanda AHY,  Presiden ke 6  RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Suasana akrab dan penuh kekeluargaan terlihat ketika AHY bersilaturahmi, sowan ke Pondok yang didirikan oleh Kyai Itsbat bin Ishaq sekitar tahun + 1787 M/1204 H. 

Kyai Muhammad Rofii Baidhowi didampingi para Lora dan pengurus Pondok menyambut langsung kehadiran AHY dan berbincang seputar kabar masing-masing,  sampai akhirnya Kyai Muhammad Rofii Baidhowi dan AHY bicara tentang SBY yang dulu sebelum maju pada Pilpres 2004 sempat sowan ke ponpes Banyuanyar bersilaturahmi  dan mendapat doa dari Kyai Muhammad Rofii Baidhowi. 

"Beliau ke sini bersama Ibu Ani, itu fotonya masih ada,"  kata Kyai Baidhowi. 

Situasi istimewa lainnya, Kyai Baidhowi bahkan mengajak AHY masuk berdua ke kamarnya. Namun tidak tahu apa yang dibicarakan kedua tokoh besar itu. 

Usai berbincang, Kyai Baidhowi mempersilahkan AHY dan rombongan menikmati buka puasa dilanjut sholat Maghrib bersama.

Renville Antonio yang di konfirmasi pertemuan tersebut, mengaku bahwa kehadiran  AHY ke Ponpes Banyuanyar adalah untuk silaturahmi, "Beliau kan tokoh yang sangat dihormati, kharismatik makanya Mas Ketua Umum sowan ke Kyai Baidhowi. Silaturahmi saja," ungkap Renville. 

Renville juga menerangkan bahwa SBY 20 tahun lalu juga datang ke Kyai Baidhowi, "2004 atau 20 tahun lalu Pak SBY sowan ke Beliau, sekarang Mas AHY putranya melanjutkan silaturahmi yang selama ini terjalin sangat baik," sambung Renville. 

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan Ismail,  dikonfirmasi tentang AHY yang diajak ke kamar Kyai Baidhowi berdua mengaku surprise. 

"Kalau dulu Pak SBY juga di ajak ke kamar beliau, dan sekarang AHY juga diajak ke kamar beliau bedua. Ya kami tentu melihat ini menjadi semangat buat hadapi 2024. Tapi kan kami tidak tahu apa yang dibicarakan beliau berdua. Ya semoga juga seperti yang kami doakan buat Mas  AHY untuk 2024. Yang saya tahu Kyai berpesan agar kita Berpolitik yang santun," pungkansya.