MUI Sayangkan Inkonsistensi Gubernur Bali Soal Kehadiran Timnas Israel di World Beach Forum 2023

foto/net
foto/net

Perubahan sikap Gubernur Bali, I Wayan Koster terhadap kehadiran tim nasional Israel di World Beach Games (WBG) 2023, sangat disayangkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim mengungkapkan pandangannya terhadap dukungan Koster pada WBG, padahal di dalamnya terdapat timnas Israel yang berpartisipasi.

Sikap tersebut, kata Sudarnoto, sangat tidak konsisten dengan penolakan Koster yang keras pada kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Ia cukup kecewa dengan perubahan sikap Gubernur Bali tersebut, karena tidak lagi menggunakan alasan konstitusi untuk mencegah Israel ikut serta dalam WBG 2023.

"Beliau menjadi sangat pragmatis. Saya menyayangkan atas sikap beliau. Kenapa beliau tidak konsisten ya? Saya sebetulnya berharap beliau teguh dengan pendiriannya," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL pada Minggu (16/4).

Kendati demikian, Sudarnoto memahami bahwa keputusan tersebut adalah pilihan Koster selaku gubernur yang harus dihormati.

Lebih lanjut, Sudarnoto memperkirakan adanya andil partai PDIP dalam pengambilan keputusan Koster pada WBG tahun ini.

"Mungkin saja, petinggi PDIP tidak mau ambil risiko juga untuk menolak sikap Gubernur Bali ini," pungkasnya.