Anwar Sadad: PMII Tak Pernah Menyerah pada Kekuasaan

Anwar Sadad/ist
Anwar Sadad/ist

Ketua DPD Partao Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad mengaku bangga karena pernah berproses di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) semasa menjadi mahasiswa. 


Di organisasi ekstra kampus itulah dia digembleng menjadi insan yang kritis dan senantiasa dipacu untuk bergerak hingga kini. 

Hal itu disampaikan Anwar Sadad sebagai bentuk syukur atas peringatan Harlah ke-63 PMII pada 17 April 2023.

“Saya merasa beruntung 'dibesarkan' di rumah PMII. Rumah yang menginspirasi saya untuk selalu bergerak. Rumah yang mengajari saya untuk selalu kritis. Rumah tempat saya menghirup spirit keislaman dan keindonesiaan dalam satu tarikan napas,” kata Sadad, dalam siaran tertulisnya yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menegaskan, sejak berdiri PMII telah mengambil peran dalam sejarah bangsa ini dan kontribusinya tak berhenti hingga sekarang. 

Kendati basis PMII dibangun di kampus, namun gerakannya begitu kuat hingga mampu menembus tembok kekuasaan.  

Alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN (kini UIN) Sunan Ampel Surabaya itu menuturkan, PMII mampu mengambil peran sebesar itu karena kritisisme ditanamkan kepada kader-kadernya. 

“Membangun kritisisme adalah kode genetika kader PMII,” tandas Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Dia mengaku, sejarah membuktikan PMII sebagai gerakan tak pernah menyerah pada kekuasaan. 

Dalam konteks ini, kritisisme aktivis PMII terbangun karena ia membaur menjadi bagian dari masyarakat. 

“Karena tempat terbaik bagi seorang aktivis adalah di lapangan, tempat semua keresahan dan penderitaan rakyat ditemukan, untuk dicarikan solusinya,” ujarnya.

Di sisi lain, PMII memandang bahwa pada hakikatnya kekuasaan adalah alat untuk mengagagas, menemukan, dan mengeksekusi tindakan yang solutif.

“Kekuasaan yang tidak memberikan solusi, bahkan menjadi problem, menandakan ia sedang macet. Maka PMII sebagai gerakan tak pernah berhenti dan menyerah pada kekuasaan,” kata Sadad.

Selain itu Anwar Sadad juga mengucapkan selamat dan sukses harlah PMII ke 63.