Danu Budiyono Aktivis Sosial di Banyuwangi yang Lompat Jadi Politisi

Danu Budiyono, aktivis yang jadi Ketua DPD PAN Kabupaten Banyuwangi/ist
Danu Budiyono, aktivis yang jadi Ketua DPD PAN Kabupaten Banyuwangi/ist

Danu Budiyono, dulu namanya kerap menghiasi berbagai pemberitaan baik di media cetak maupun elektronik. Menyoroti persoalan sosial politik yang terjadi di Bumi Blambangan.


Kini, ia memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Tak tanggung-tanggung, posisi yang ia tempati sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Banyuwangi.

Pria kelahiran Banyuwangi pada 5 Juni 1978 itu, beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto 100, Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

"Kami mengusung tagline Wajah Baru, Energi Baru, HaraPAN Baru," ucapnya melalui keterangan tertulis kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (19/4).

Selain di dunia aktivis yang melambungkan namanya, Danu juga seorang pengusaha. Pernah menjadi Wakil Sekretaris Gapoktan Banyuwangi periode 2019-2021.

Lalu, Wakil Komisaris PT Bintang Timur Jaya sejak 2015 sampai sekarang, Wakil Ketua Kadin Banyuwangi 2019 sampai sekarang, dan Sekretaris APINDO Banyuwangi sejak 2021 sampai sekarang serta beberapa posisi lain.

"Setahun yang lalu masih diluar. Kini menjadi kader partai politik. Dan salah satu tugas politik itu mempersempit jarak, menghubungkan harapan dengan kenyataan," cetus Koordinator ProdDEM Tapal Kuda ini.

Baginya, terjun ke dunia politik tersebut merupakan jalan dan pilihan yang cukup berat. Karena, kata dia, harus berkhidmat untuk menjalankan amanah demi kesejahteraan rakyat melalui partai yang dipimpin Zulkifli Hasan.

"Bahwa, berbeda tak harus berpisah. Bersama tak berarti memaksa, semoga terjaga. Sudah saatnya maju, sudah saatnya berperan lebih besar dan bermanfaat. InsyaAllah satu kursi DPRD Provinsi Jatim Dapil 4 (Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi) semoga tetap amanat," tukas Danu yang pernah berkutat jadi Koordinator Sahabat Prabowo Sandi (SAPA) tahun 2019.