Anies Ketemu Parpol KPP, Demokrat: Publik Cemas Pemilu 2024 Ada Kecurangan

Pertemuan Anies Baswedan dengan parpol koalisi perubahan/ist
Pertemuan Anies Baswedan dengan parpol koalisi perubahan/ist

Pertemuan bakal calon presiden (Bacapres), Anies Baswedan, dengan parpol-parpol Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusungnya di Pilpres 2024, juga membahas laporan dari masyarakat.


Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menjelaskan, ada tiga isu perubahan yang diangkat Anies Baswedan dan juga ditemukan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat safari politik ke berbagai daerah.

Ia menguraikan, safari Ramadhan sepanjang bulan Maret hingga April 2023 lalu, AHY mendapati kemiskinan, biaya hidup dan harga kebutuhan pokok tinggi, serta lapangan kerja sulit.

Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan laporan yang masuk dari mayoritas anggota Fraksi Partai Demokrat (DPR RI/ DPRD Prov/ Kab/Kota) se-Indonesia, yang saat ini berjumlah 1.864 orang.

“Selain 3 isu harapan perubahan dan perbaikan yang disampaikan rakyat ke Pak Anies, kami juga menemukan adanya kecemasan publik yang tinggi dalam menghadapi Pemilu 2024 ini,” ujar Riefky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/5).

Namun, Riefky mengungkap, kekhawatiran yang mengemuka di publik adalah terkait dengan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Kekhawatiran terhadap terjadinya intimidasi, intervensi dan kecurangan Pemilu juga banyak kami temui di lapangan,” demikian Riefky menambahkan.