Dinas CKTR Perbaikan Jalan di Bekas Galian Pipanisasi Kembali Rusak

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Salah satu penyebab banyaknya jalan rusak di Sidoarjo disebabkan saluran drainase yang buruk yang menimbulkan genangan air di permukaan jalan.


Salah satunya jalan di Dusun Keling Desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono. Di sana warga mengeluhkan perbaikan jalan di bekas galian pipanisasi SPAM Umbulan kembali rusak. 

"Kalau jalan rusak akibat pemasangan pipa SPAM Umbulan itu akan tetap dilakukan perbaikan. Tapi kami minta tolong kepada masyarakat kerjasama untuk pengerukan drainase yang sudah ada," Kata M Bachruni Aryawan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim CKTR) Sidoarjo, Rabu (10/5/2023). 

Bachruni menambahkan aspal tidak akan awet jika secara terus menerus tergenang air. Sehingga dibutuhkan saluran drainase yang baik untuk jalan tersebut tidak kembali rusak. 

Mantan Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo itu menegaskan setiap laporan jalan rusak akibat pipanisasi akan ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan. 

"Memang jalan itu kalau hujan selalu tergenang banjir terus tidak ada drainase bagaimana aspal bisa awet. Ditambal pun pasti sebentar lagi protol lagi," ungkapnya. 

Pemkab Sidoarjo pada tahun 2023 ini bakal melaksanakan betonisasi di 12 ruas jalan Kabupaten. 

12 jalan yang akan di beton ialah jalan Barangkrajan-Sidomulyo, Betro-Kalanganyar, Gedangan-Betro, Kalanganyar-Segorotambak, Kandangan-Kepadangan, 

Kemudian, Tarik-Mlirip, Wonoplintahan-Jedongcangkring, Banjarsari-Damarsih, Bakungpringgondani-Kedungbocok, Kebonagung-Kemasan, Porong-Krembung dan PG Krembung-Ngoro. (ful). 

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pun meminta masyarakat untuk terus peduli terhadap perkembangan kota delta dengan cara ikut serta mengawasi dan mensukseskan pembangunan di Sidoarjo. 

"Kepedulian masyarakat dalam mengawal pembangunan menjadi indikator bahwa masyarakatnya tidak apatis dengan pemda. Ini modal penting dalam demokrasi pembangunan menuju kota yang maju," pungkas Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo itu. (ful)

Kepala Dinas Perkim CKTR Sidoarjo, Bachruni Aryawan (dua dari kanan) ikut memindahkan pohon pisang yang ditanam di jalan rusak Dusun Keling Desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono