Basarnas Surabaya Kerahkan RIB Cari ABK Jatuh Dari KM Sahabat Prima 8

Basarnas Surabaya saat melakukan pencarian
Basarnas Surabaya saat melakukan pencarian

Tim Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya mendapatkan infomrasi mengenai kecelakaan kerja yang dialami salah satu ABK KM Sahabat Prima 8 yang terjadi pada Senin (12/06).


Menindaklanjuti kejadian tersebut, M. Hariyadi, Kepala Kantor SAR Surabaya memberangkatkan 1 tim beserta RIB 06 Basarnas berangkat dari Dermaga Distrik Navigasi Tanjung Perak menuju lokasi yakni Jetty Petrokimia Gresik.

“Menurut informasi yang kami terima dari Anggota KPLP Gresik, kapal posisi sandar di Jetty Petro Gresik lalu kecelakaan terjadi saat korban hendak menaikkan tangga namun naas sling Derek putus dan menimpa korban yang berdiri diatas tangga sehingga korban jatuh ke laut” terang Hariyadi yang sekaligus menjadi SAR Mission Coordinator (SMC) pada operasi SAR ini, Rabu, (13/6).

Sekitar pukul 15.00 WIB pada pencarian hari kedua, Selasa (13/06), korban ditemukan meninggal dunia oleh tim SAR gabungan dengan jarak 0,43 NM dari lokasi kejadian. Korban atas nama Andika (27) kemudian dievakuasi menuju RS Ibnu Sina Gresik.

"Setelah korban ditemukan, RIB 06 Basarnas kemudian kembali ke Dermaga Distrik Navigasi Tanjung Perak, operasi SAR pun ditutup dan seluruh unsur SAR kembali ke satuan masing masing" imbuh Hariyadi.

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Kantor SAR Surabaya, KPLP Gresik, Polair, dan nelayan sekitar.