Jembatan di Jember Kebakaran Akibat Sampah Menggunung, Diduga Dibakar Orang Gila

Kebakaran di jembatan di Jalan Kotta Blater, Dusun Watu Kebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember/ist
Kebakaran di jembatan di Jalan Kotta Blater, Dusun Watu Kebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember/ist

Sejumlah warga yang melintas di jembatan di Jalan Kotta Blater, Dusun Watu Kebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, geger pada Jumat siang (23/6). Pasalnya terjadi kebakaran yang bersumber dari tumpukan sampah di bawah jembatan yang menghubungkan kecamatan Ambulu dengan Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. 


Api mengganas dan membumbung tinggi dari kedua sisi jembatan, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas dari arah barat dan timur macet total. Para pengendara tidak berani melintas di jembatan api karena kobaran api yang menjilati jembatan.

"Peristiwa itu terjadi pada pukul 10.55 WIB. Petugas pemadam sudah sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB," ucap 

Komandan Regu A Posko Damkar Ambulu, Syamsullah Adi dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Dia menjelaskan bahwa sumber api berasal dari bawah jembatan, karena terdapat banyak tumpukan sampah rumah tangga dan kayu.  Sampah dan kayu yang sudah kering itu kemudian terbakar dan membuat kobaran api membumbung tinggi hingga bagian atas jembatan. Kobaran api itu terus mengganas di samping jembatan.

"Karena besarnya kobaran api, membuat petugas sampai mengisi 3 kali tangki pemadam," katanya.

Melihat besarnya kobaran api itu, sejjumlah personel dari Polsek Ambulu diterjunkan untuk mengamankan lokasi. Selain itu mereka mengatur arus lalulintas dari kedua arah. Sebab, sudah banyak kendaraan yang terjebak macet. Namun baru sekitar pukul 13.00 WIB, api baru benar-benar bisa dikuasai sehingga kendaraan bisa kembali melintas di jembatan tersebut. 

Syamsul menduga kebakaran itu disebabkan ulah ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang biasa beraktivitas di bawah jembatan. Jembatan juga cukup jauh dari perkampungan warga dan tidak ditemukan rambatan api.

Kapolsek Ambulu, AKP Suhartanto membenarkan jika kebakaran diduga karena perbuatan ODGJ. 

"Info masehe telah terjadi kebakaran dari bawah jembatan, diduga dibakar ODGJ. Namun peristiwa kebakaran itu cepat tertangani oleh petugas, api segera dipadamkan," katanya.

Usai api dipadamkan, arus lalulintas dari kedua arah tersebut, kembali lancar. Tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa tersebut.