Menang Dramatis 3-2 Lawan China Taipe, Tim Voli Putri Indonesia Melaju ke Final

Tim bola voli Indonesia vs China Taipe/RMOLJatim
Tim bola voli Indonesia vs China Taipe/RMOLJatim

Tim bola voli Indonesia berhasil lolos ke babak final dalam kejuaraan AVC Challenge Cup 2023 setelah secara dramatis menumbangkan China Taipe dengan skor 3-2, di babak semifinal yang berlangsung di GOR Tridharma Gresik.


Dengan hasil itu, di babak final Indonesia bakal menghadapi Vietnam yang melangkah ke partai puncak usai di semifinal mampu mengalahkan India dengan skor telak 3-0.

“Syukur alhamdulillah berkat doa dan dukungan masyarakat Indonesia, kami bisa lolos ke babak final,” kata pelatih timnas Indonesia, Alim Suseno dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (24/6).

Alim mengakui ketegangan sedikit menyelimuti anak asuhnya sebelum pertandingan karena ada tekanan harus menang untuk menuju partai puncak.

Situasi itu, terlihat saat laga set pertama dengan buruknya penerimaan bola servis pada menit-menit awal.

"Anak-anak sempat bermain tertekan, mungkin karena mereka terbebani untuk bisa lolos final. Apalagi support suporter yang selalu mengema, membuat pemain kami beberapa kali membuat kesalahan. Namun, beruntung mereka bisa nengendali permainan dan hasilnya memuaskan," tuturnya.

Alim Suseno menyebut timnya seharusnya bisa menang lebih cepat jika set ketiga bermain lebih tenang. 

“Sudah unggul enam angka, tapi bisa dikejar dan malah berbalik ketinggalan kita. Itu karena anak-anak main kurang tenang dan saat menyerang malah gagal untuk dapat poin,” tandasnya.

Sementara, Spiker Timnas Indonesia Ratri Wulandari menambahkan ada beberapa kesalahan yang harus diminimalisasi rekan-rekannya saat berlaga di partai final. 

“Beberapa kali receive kami tidak jalan dengan baik, ini yang harus diperbaiki dalam laga final besok,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa dihari terakhir Kejuaraan AVC Challenge Cup 2023, Minggu (25/6) terdapat lima pertandingan yang bakal digelar di GOR Tridharma Gresik. Yakni, pukul 09.00 WIB Hongkong vs Makau perebutan peringkat 9-11.

Pukul, 11.30 WIB Uzbekistan vs Filipina perebutan peringkat 7-8. Pukul, 14.00 WIB Iran vs Australia perebutan peringkat 5-6. Pukul, 16.30 WIB India vs China Taipe perebutan juara 3-4, dan pukul, 19.00 WIB Indonesia vs Vietnam erebutan juara 1-2.