SIG GHoPO Tuban Salurkan 39 Ekor Hewan Qurban Kepada Warga Tuban

Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban Setiawan Prasetyo serahkan hewan qurban secara simbolis di halaman Pemkab Tuban/RMOLJatim
Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban Setiawan Prasetyo serahkan hewan qurban secara simbolis di halaman Pemkab Tuban/RMOLJatim

Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban menyalurkan bantuan hewan qurban berupa sapi sebanyak 39 ekor. Bantuan hewan qurban dari perusahaan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap datangnya Hari Raya Qurban.


SIG GHoPO Tuban juga memastikan bahwa sapi yang dibagikan kepada masyarakat telah dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit yang menyerang sapi yaitu Penyakit Mulut & Kuku (PMK). Selain itu, juga dipastikan terbebas dari penyakit LSD (Lumpy Skin Desease) atau masyarakat menyebutnya penyakit Lato-lato yang belakangan ini menyerang pada sapi.

Secara simbolis serah terima hewan qurban kepada masyarakat tersebut diserahkan, Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Drs. Endro Budi Sulistyo, di halaman Kantor Pemkab Kabupaten Tuban, Selasa (27/6).

Endro Budi Sulistyo menyampaikan terimakasih kepada SIG GHoPO Tuban yang rutin memberikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat saat Hari Raya Idul Adha. Sapi bantuan dari perusahaan tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Semen Indonesia merupakan perusahaan terbanyak yang memberikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat Tuban,” ungkapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, semua sapi qurban bantuan dari SIG telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban. Artinya, hewan kurban dari SIG tidak diragukan lagi kesehatannya.

“Semua sapi bantuan dari SIG telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan, dan semua dinyatakan sehat. Sehingga, aman untuk dikosumsi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris DPRD Kabupaten Tuban, Sri Hidajati,  saat menerima bantuan hewan qurban dari SIG juga menyampaikan terimakasih kepada perusahaan yang setiap tahunnya rutin memberikan  bantuan sapi kepada masyarakat.

“Hewan qurban ini nanti akan kita bagikan kepada masyarakat yang berhak menerima. Dan semoga kedepan SIG semakin jaya dan bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Terpisah, Setiawan Prasetyo menyampaikan rasa syukur bahwa agenda rutin perusahaan dalam membagikan hewan qurban kepada masyarakat di wilayah pengembangan perusahaan di Kabupaten Tuban ini tetap dapat terlaksana dengan baik.

Harapannya agar kontribusi dari perusahaan yang rutin dilakukan setiap tahun ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. 

“Distribusi bantuan hewan qurban hampir seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk 26 desa di wilayah pengembangan perusahaan yakni di Kecamatan Kerek, Merakurak, dan Jenu Kabupaten Tuban. Selain itu, juga untuk Pemkab, DPRD, Masjid Agung dan lembaga keagamaan di Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Sebelum dilakukan pendistribusian, semua hewan qurban telah dinyatakan terbebas dari PMK, penyakit lato-lato dan penyakit lainnya oleh dokter hewan. 

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban dan memastikan adanya rekomendasi sehat dari dokter hewan agar nantinya hewan qurban terjamin benar-benar aman untuk dikonsumsi,” tandasnya.

Lebih lanjut Setiawan Prasetyo mengatakan, bantuan hewan qurban yang dilaksanakan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk berbagi dengan masyarakat sekitar. 

“Kami atas nama perusahaan juga memohon doa dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar ke depan SIG terus berkembang dan tetap jaya selalu di tengah persaingan industri persemenan yang semakin ketat,” pungkasnya.