Anies Didampingi Gus Najih Ziarah Makam Mbah Moen di Makkah

Didampingi Gus Najih, Anies Baswedan menziarahi makam Mbah Moen/Ist
Didampingi Gus Najih, Anies Baswedan menziarahi makam Mbah Moen/Ist

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyempatkan berziarah ke makam ulama kharismatik KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen saat berada di Makkah.


Istimewanya, Anies ditemani langsung putra Mbah Moen yakni Gus Najih Maimoen. Momen ini pun dibagikan Anies melalui akun Instagram miliknya, Selasa (4/7).

“Sebelum mendaki Jabal Nur menuju Gua Hira pada hari minggu 2 Juli 2023, kami bersama KH Najih Maimoen berziarah ke Jannatul Mu'alla (pemakaman yang berada di utara Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi). Kita mengenalnya dengan Makam al-Ma’la,” tulis Anies seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menerangkan, selain berziarah ke makam Mbah Moen, Anies juga menziarahi, istri Nabi Muhammad; Siti Khadijah Binti Khuwailid, dan putri sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq, Asma Binti Abu Bakar Ash-Shiddiq. Selain itu, Anies juga berziarah ke makam para ulama Indonesia yang wafat di Tanah Suci.

“Di sini pula kami menyambung doa di makam para ulama yang menjadi sanad penting keilmuan Islam di Indonesia, seperti makam Bany Alawi, Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, Sayyid Muhammad Al-Maliki, Sayyid Abbas Al-Maliki (guru Hadlratusyaikh Hasyim Asy’ari), dan Syekh Nawawi Al-Bantani. Kami juga sowan ke peristirahatan terakhir ulama besar tanah air, KH. Maimoen Zubair,” sambungnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lantas mendoakan para ulama yang dimakamkan di komplek al-Ma’la, sembari berharap agar senantiasa mendapat keberkahan.

“Kami mendoakan agar hamba-hamba Allah yang mulia yang dimakamkan di sini senantiasa dalam keberkahan, diterima amal ibadahnya semasa hidup dan mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT, dan kita mendapatkan cipratan atas keberkahan mereka,” tandasnya.