Bupati Malang Paparkan Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri di Depan Tim Panel KIPP 2023

Bupati Malang HM Sanusi (tengah) saat paparkan Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri/Ist
Bupati Malang HM Sanusi (tengah) saat paparkan Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri/Ist

Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan presentasi inovasi unggulan dari Kabupaten Malang, yaitu Putik Sari (Kampung Tematik Wonosari Berseri) dari Kecamatan Wonosari, secara daring di hadapan Tim Panel Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023, Selasa (11/7).


"Yang menjadi pembaruan dalam inovasi Putik Sari ini adalah camat menjadi fasilitator dan koordinator tiap desa untuk mengembangkan produk unggulan di wilayahnya masing-masing, camat menjembatani terjalinnya kerjasama antara kampung tematik, juga mempromosikan keberadaan kampung tematik beserta produk unggulannya," ujar Sanusi didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Malang dan Camat Wonosari. 

"Melalui program ini, desa akan didorong untuk memiliki suatu produk unggulan dengan ciri khas yang digali dari potensi yang ada serta tetap mempertahankan aspek lingkungan. Sampai saat ini telah terbentuk 13 kampung tematik di Kecamatan Wonosari," tambahnya. 

Ia menyampaikan, Putik Sari yang telah berkembang sejak 2019 tersebut meliputi Kampung Kopi. Yang mana, memiliki keterikatan sejarah dengan penelitian yang dilakukan oleh Belanda pada tahun 1832. Sedangkan, untuk luas lahan yang dikelola oleh kelompok kopi seluas 5500 M2 dengan produksi 1200 kg kering.

Berikutnya, ada Kampung Wisata Tanaka memiliki omset mencapai Rp 1,2 miliar per tahun, Kampung Kambing Desa Sumberdem dan Desa Bangelan pada tahun 2023 ternak yang terjual mencapai 3.200 ekor, Kampung Toga menghasilkan produk olahan jamu yang diolah dari tanaman obat keluarga.

Di kampung ini tanaman toga diberikan barcode yang dapat menampilkan khasiat dari tanaman tersebut. Serta, satu lagi yang cukup unik yakni kampung purwaceng dengan keberadaan unggulan tanaman purwaceng menjadi budidaya unggulan dikarenakan keunikan khasiatnya. Tanaman ini tumbuh subur di daerah lereng pegunungan.

''Inovasi Putik Sari ini memberikan dampak yang luar biasa. Kampung tematik akan memacu pergerakan ekonomi di setiap kampung. Selain itu, inovasi ini akan mendorong terbangunnya tata lingkungan bersih dan lestari karena secara tidak langsung mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan," ujarnya.

Hal tersebut terbukti pada tahun 2023 ini seluruh desa di Kecamatan Wonosari telah berstatus Desa Mandiri dan Desa Swadaya. Di sisi lain ada stabilitas inovasi Putik Sari telah direplikasi berbagai instansi baik dari dalam maupun luar pemerintah Kabupaten Malang. 

Sanusi mengatakan, bahwa dari internal Pemkab Malang sendiri beberapa Kecamatan telah melakukan study tiru ke Kecamatan Wonosari. Sedangkan di luar Pemkab Malang seperti kunjungan dari Desa Kalisidi Kabupaten Semarang dan Pemkab Jembrana Bali telah melakukan study tiru di Kecamatan Wonosari. 

Kekuatan inovasi Putik Sari adalah adanya dukungan anggaran maupun sumber daya manusia. Dukungan anggaran salah satunya dari dana desa yang dialokasikan sebesar 20% untuk pemberdayaan masyarakat dan ketahanan pangan.

Sedangkan di sisi SDM Kampung Tematik melibatkan unsur pentahelix yang merupakan kolaborasi bersama, antara pemerintah masyarakat akademisi swasta dan media.

''Strategi agar inovasi ini bisa berkelanjutan, antara lain dengan adanya regulasi dan kebijakan tentang inovasi, fasilitas kerjasama antara pengelola kampung tematik dengan pihak-pihak lain, mendorong terjalinnya kerjasama antar kampung tematik, dan terdaftar dalam perlindungan hak cipta kementerian hukum dan hak asasi manusia," tuturnya. 

Bahkan, kata Sanusi, Kecamatan Wonosari meraih sejumlah prestasi, diantaranya adalah berhasil meraih penghargaan Desa Bersih dan Lestari Berseri pada tahun 2022 dan 2023 di tingkat regional, serta meraih Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa timur tahun 2023. 

"Prestasi di tingkat nasional adalah dengan diperolehnya Penghargaan Para Legal Justice Award tahun 2023 dari Kementerian Hukum dan HAM," pungkasnya.