Beri Ide Susur Sungai di Wisata Mangrove, Bacaleg Dapil 3 Surabaya Berharap Ada Manfaat Ekonomi Bagi Warga

Walikota Eri Cahyadi dam Hariyanto
Walikota Eri Cahyadi dam Hariyanto

Caleg DPRD Kota Surabaya, Hariyanto dari dapil 3 berterima kasih kepada Pemkot Surabaya dan UPT PLN Ketintang mewujudkan wisata susur sungai Kejawan Putih Tambak (KPT), yang menjadikannya wisata baru di kota Pahlawan.


Hariyanto menjelaskan, wisata susur sungai KPT ini diinisiasi warga Kejawan Putih Tambak yang meminta saran agar sungai yang melintasi lahan mangrove dan menuju ke laut tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebaikan masyarakat setempat.

"Kami berikan ide yaitu susur sungai, terus kemudian kami melakukan banyak sekali koordinasi di sini sampai di titik PLN membantu hari ini dengan nilai nominal 265 juta," ucapnya setelah peresmian wisata susur sungai oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kamis (27/7).

Dengan adanya wisata susur sungai KPT , Hariyanto berharap dapat memberikan manfaat perekonomian bagi warga kelurahan Kejawan Putih Tambak.

"Sehingga susur sungai ini menjadi ikon baru wisata air yang ada di kota Surabaya, khususnya di Surabaya Timur," ujarnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan wisata susur sungai Kejawan Putih Tambak (KPT) yang menjadi destinasi pariwisata baru kota Pahlawan. 

Eri Cahyadi meresmikan wisata susur sungai KPT yang dibantu penuh PLN UPT Ketintang sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN tersebut.

Eri Cahyadi menerangkan, UPT PLN membantu merealisasikan wisata susur sungai KPT untuk meningkatkan pariwisata dengan bantuan nominal yang nilainya ratusan juta rupiah. Sehingga dirinya mengajak semua elemen masyarakat dan seluruh stake holder menjaga kebersihan sungai ini.

"Saya berharap ketua LPMK, Ketua pokjanya susur sungai, RT, RW nya. Ayok kita bersama terus menggerakkan sungai ini kalau tidak dimanfaatkan untuk pariwisata In Sya Allah kotor terus sungai ini. Tapi kalau sudah dimanfaatkan maka dia akan bersih terus," ucapnya.

Surabaya dijelaskan Eri Cahyadi memiliki dua wisata susur sungai, satunya di Kalimas dan satu lagi di Kejawan Putih Tambak. Sehingga Pemkot Surabaya akan memberikan yang terbaik.

"Maka saya akan memberikan yang terbaik sepanjang jalur susur sungai ini untuk yang keindahannya, kebersihannya," terangnya.

Saat ditanya apakah wisata susur sungai bisa diaplikasikan di wilayah lain di Surabaya. Eri menjawab bahwa semua itu tergantung dari gerakkan warga setempat dan Pemkot Surabaya akan mendukung penuh untuk menjadikan sungai di sekitar tempat tinggalnya menjadi tempat pariwisata.

"Yang saya inginkan adalah keinginan, tekad, perubahan dan kegiatan pantang menyerah, ini sudah ditunjukkan oleh LPMK dan seluruh RT RW yang ada di Kejawan Putih Tambak," pungkasnya.