Bupati Mojokerto Ikut Semarakkan Majafest 2023 dengan Tari Budoyo Putri Mojosakti

Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati didampingi Kadis Kominfo Ardi Sepdianto (kanan) dan Kadisbudporapar, Norman Handhito saat press release bersama awak media/ist
Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati didampingi Kadis Kominfo Ardi Sepdianto (kanan) dan Kadisbudporapar, Norman Handhito saat press release bersama awak media/ist

Pemkab Mojokerto melalui Disbudporapar akan menggelar event tahunan, Majafest 2023. Event yang bertujuan melestarikan, mengembangkan pariwisata, ekonomi kreatif, seni budaya serta sejarah akan digelar di Lapangan Kawiryan Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Mojokerto pada Jumat (3/8/2023) hingga Minggu (5/8/2023).


Hari kedua, Senin (4/8/2023) event Majafest 2023 akan ada pagelaran tari spektakuler, yang diikuti 500 penari remaja putri Kabupaten Mojokerto dan pemecahan Rekor MURI dari Seni Tari Bedoyo Putri Mojosakti.

“Saya nanti akan ikut memeriahkan Tari Bedoyo Putri Mojosakti pada event Majafest 2023, saya akan ikut menari bersama Forkopimda Mojokerto Perempuan, yakni Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh, Kajari Kabupaten Mojokerto Suliestyowati dan Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto Ida Ayu Sri Adriyanti Astuti Widja," ujar Bupati Ikfina saat sambutan acara press conference Majafest 2023 di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, Rabu (26/7) malam.

Menurutnya, waktu perencanaan penyelenggaraan Majafest 2023, dengan pihak Disbudporapar, Bupati Ikfina sempat bertanya Tari Bedoyo Putri Mojosakti tidak harus diperankan remaja putri status perawan, melainkan ibu ibu juga diperbolehkan. 

"Saya sempat tanya pada pak Norman Kadisbudporapar, tarian Bedoyo Putri Mojosakti, apa boleh wanita tidak perawan? Ternyata boleh, jadinya saya bersama Forkopimda perempuan akan ikut menari meski gak seindah gerakan remaja putri," ucap Ikfina.

Bupati perempuan pertama ini mengungkapkan, Majafest 2023 ini merupakan event yang ketiga kalinya. Majafest 2021 dulu masih sederhana lokasi terbagi beberapa tempat, karena masih pandemi covid 19 dan yang dijual diantaranya produk kopi dan coklat. Sedangkan Majafest 2022 di gelar di Trawas. Brand yang dijual selain batik khas Kabupaten Mojokerto, juga ada kuliner sambel wader yang pecahkan Rekor MURI.

“Majafest 2023 akan lebih meriah banyak diisi pariwisata atraksi kegiatan kolosal, bahkan ada pemecahan rekor muri dari seni Tari Bedoyo Putri Mojosakti, agar tarian ini dikenal masyarakat luas, seperti di Banyuwangi yang sudah dikenal 1000 penari Gandrung,“ jelasnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto mengatakan, Majafest 2023 ini merupakan upaya Pemkab Mojokerto bagaimana menciptakan brand Kabupaten Mojokerto, memperkenalkan, mengangkat potensi wisata budaya maupun ekonomi kreatif, agar gaungnya bisa skala nasional maupun internasional.

“Mohon teman teman media, cetak, streaming, elektronik, untuk membantu mempublikasikan hal hal yang berkaitan Majafest 2023, dengan kekuatan media event Majafest 2023 bisa disejajarkan dengan event event yang ada di daerah lain,” katanya.

Sementara Kadis Budporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handito mengungkapkan, acara rakyat ini bisa dinikmati semua kalangan tidak dipungut biaya alias gratis.

"Rangkaian acara Majafest ada rekor muri Tari Bedoyo Mojosakti, Festival 100 Bantengan, Festival Sambal Wader, Mojokerto Tourism Award, hingga Pemilihan Gus Yuk 2023," katanya.

Mantan Camat Dawarblandong ini menambahkan, tema Majafest 2023 yaitu Harmoni Nusantara. Jadi event Majafest ini semangat persatuan dan kesatuan terus dipelihara. Selain pertunjukan 100 bantengan, tapi juga ada pertunjukkan seni reog, campursari, barongsai, Ludruk Karya Budaya, Keroncong Jelita, penampilan dari Titi Laras serta penampilan dari Gildcoustic.