Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek Kembali Diperiksa KPK

foto/net
foto/net

Istri mantan pejabat Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo (RAT), Ernie Meike Torondek kembali diperiksa dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait perpajakan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).


Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, hari ini, Kamis (27/7), pihaknya memanggil empat orang sebagai saksi untuk tersangka Rafael.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi," ujar Ali kepada wartawan, Kamis siang (27/7).

Keempat saksi yang dipanggil, yakni Ernie Meike Torondek selaku istri tersangka Rafael, Christofer Dhyaksa Darma selaku wiraswasta, Among Sandi Laksana selaku wiraswasta, dan Untung Wijaya selaku Direktur CV Rajawali Diesel.

Berdasarkan informasi yang diterima, keempat saksi termasuk istrinya Rafael Alun sudah hadir memenuhi panggilan tim penyidik KPK. Hingga saat ini, mereka masih menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK.

Untuk saksi Ernie, sebelumnya juga sudah diperiksa KPK pada Selasa (4/7). Namun demikian, Ernie memilih bungkam saat ditanya berbagai pertanyaan oleh wartawan usai selesai diperiksa.

Dalam perkara ini, KPK telah melakukan penyitaan terhadap 20 bidang tanah dan bangunan milik Rafael senilai Rp150 miliar, yakni enam bidang tanah dan bangunan berada di Jakarta, tiga aset di Yogyakarta, dan 11 bidang tanah dan bangunan di Manado, Sulawesi Utara.

Tersangka Rafael Alun resmi ditahan KPK pada 3 April lalu dalam perkara gratifikasi. Diduga Rafael menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengkondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya.

Selanjutnya, pada 10 Mei lalu, KPK mengumumkan bahwa Rafael kembali ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan TPPU. KPK menduga, terdapat kepemilikan aset-aset tersangka Rafael yang ada kaitannya dengan TPPU.

KPK juga telah melakukan pencegahan terhadap lima orang agar tidak bepergian ke luar negeri selama 6 bulan, sejak 13 April 2023 sampai dengan 13 Oktober 2023. Lima orang yang dicegah itu adalah Ernie Meike Torondek selaku istri Rafael, Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, Angelina Embun Prasasya selaku anak Rafael, Christofer Dhyaksa Darma selaku anak Rafael, dan Wahono Saputro selaku Kepala Kantor Pajak Madya Jaktim.

Dalam perkara ini, KPK telah menggeledah dua rumah adik tersangka Rafael di Komplek Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Cirendeu, Tangerang Selatan (Tangsel) pada 6 Juni 2023. Saudara tersangka Rafael yang dimaksud, yaitu adiknya Rafael bernama Gangsar Sulaksono yang telah dicegah KPK.

Dari penggeledahan itu, KPK menemukan dokumen dan satu unit motor gede (moge) merek Harley Davidson yang sering digunakan oleh anaknya Rafael, Mario Dandy Satryo.