Puncak Hari Anak Nasional di Bondowoso, Pemkab Teken MoU Terkait Dispensasi Kawin Anak

Foto : Peringatan HAN dan Mou di Kabupaten Bondowoso/RMOLJatim
Foto : Peringatan HAN dan Mou di Kabupaten Bondowoso/RMOLJatim

Peringatan puncak hari anak nasional (HAN) digelar pemerintah kabupaten Bondowoso di Pendopo Bupati yang dihadiri ratusan anak, Senin (31/7). 


Dalam acara tersebut, Pemkab Bondowoso yang dihadiri langsung oleh Bupati KH Salwa Arifin menandatangani MoU dan Perjanjian kerjasama (PKS) dengan pengadilan agama Bondowoso terkait pengendalian pernikahan anak. 

"Mungkin dengan kerjasama ini, mampu menekan pernikahan anak usia dini," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Bupati Salwa menyebut, dalam kegiatan puncak HAN tersebut bisa membangun dan menemukan kegiatan yang dapat mengembangkan bakat khususnya bagi anak. 

"Mari bersama kita dukung agar anak-anak tumbuh menjadi warga negara yang aktif dan mampu bersaing di segala aspek-aspek kehidupan," urainya. 

Sementara itu, Anisatul Hamidah Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (P3AKB) memengatakan, bisa memastikan serta melindungi hak-hak anak di Bondowoso. 

"Usai MoU kami akan semakin gencar sosialisasi dengan berbagai elemen, seperti sekolah perempuan untuk peningkatan kualitas hidup (Sekoper PKH)," terangnya. 

Selain itu juga akan menggunakan sekolah kependudukan, sekolah ramah anak,  sekolah orang tua hebat dengan cara terus bersosialisasi. 

"Jadi tidak hanya anak saja yang berikrar, namun dengan orangtuanya juga untuk tidak menikah diusia dini," tuturnya. 

Terakhir disampaikan oleh Anis bahwa pihaknya melakukan kerjasama tersebut untuk mempersiapkan generasi emas yang berkualitas. (adv)