Siapa yang Ditunjuk Jokowi, Ganjar atau Prabowo?

foto/net
foto/net

Peristiwa unik terjadi saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Tradisional Grogolan Baru, Kelurahan Landungsari, Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (29/8).


Tujuan Jokowi datang adalah untuk mengecek harga bahan pokok. Namun peristiwa ini menjadi unik lantaran dia hadir bersama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Keduanya adalah bakal calon presiden yang digadang akan maju pada Pilpres 2024.

Momen menarik terjadi saat telunjuk Presiden Joko Widodo beraksi. Mulanya, Jokowi menghampiri Prabowo dan Ganjar yang saling berangkulan dan bersalaman.

Bersamaan itu, telunjuk kanan Jokowi mengarah ke Ganjar Pranowo yang merupakan calon presiden dari PDIP, rekan satu partainya. Ganjar membalas dengan membungkukkan sedikit badannya ke arah Jokowi.

Namun setelah itu, Jokowi kembali memainkan telunjuknya. Kali ini tidak diarahkan ke Ganjar, melainkan digerak-gerakkan ke arah Prabowo Subianto. Arahan telunjuk Jokowi ke Prabowo itu ditutup dengan tanda jempol.

Telunjuk Jokowi ini lantas ditafsirkan beragam oleh para pendukung Ganjar dan Prabowo. Misalnya Jurubicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak yang mengunggah video saat Jokowi tampak mengarahkan telunjuk ke Prabowo di media sosial X.

“Pak Jokowi kasih kode apa ya?” ujarnya.

Sedang pendukung Ganjar, Denny Siregar mengunggah berita yang menyebut bahwa telunjuk Jokowi itu diarahkan untuk Ganjar.

“Oh yang ini maksudnya?” kaya Denny.