Belum Setahun Dilaunching, Fasum Kawasan Heritage Bandar Grissee Sudah Rusak Parah

Fasum Kawasan Heritage Bandar Grissee Gresik/RMOLJatim
Fasum Kawasan Heritage Bandar Grissee Gresik/RMOLJatim

Kawasan Heritage Bandar Grissee yang berada di Jalan Basuki Rahmat Gresik, meski baru dilaunching pada Desember 2022 lalu, kondisinya memprihatinkan. Karena fasilitas umum (fasum), sudah mengalami kerusakan.


Padahal keberadaannya direncanakan sebagai wisata alternatif dan edukatif, yang pembangunannya telah menelan dana sebesar Rp 47 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN).

Hal tersebut membuat kalangan anggota legislatif Gresik geram, pasalnya pihak Dinas Karya Cipta Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DKCPKP) selaku institusi yang bertanggung jawab menjaga dan merawan tidak melakukan tugasnya.

Anggota Komisi III DPRD Gresik, Arif Rosyidi mengatakan dirinya saat melakukan monitoring di kawasan Heritage Bandar Grissee menemukan adanya fasum yang dibiarkan rusak.

"Kami kaget kawasan yang diharapkan bisa menjadi icon baru Kota Gresik, tampaknya hanya selogan saja. Padahal baru sekitar 8 bulanan diresmikan, tapi fasumnya sudah rusak dan tidak ada upaya perbaikan," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (1/9).

"Anggaran pemiliharaan dan perawatan  terhadap yang dibangun itu kan pasti ada, lalu di kemanakan. Kenapa kok ada fasum rusak dibiarkan, masak harus menunggu kami sentil dulu baru kemudian bergerak melakukan perbaikan," tegasnya.

Arif menambahkan pihaknya meminta DKCPKP Gresik untuk segera turun untuk melakukan upaya perbaikan, agar kawasan yang sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat itu. Kondisi fasumnya tetap terjaga dengan baik, bukan sebaliknya.

"Kalau memang pemerintah daerah konsisten untuk menjadikan Bandar Grissee sebagai kawasan wisata heritage, ya harusnya serius memeliharanya jangan ogah-ogahan," imbaunya.

"Sangat di sayangkan jika kawasan yang dikonsep untuk memperkenalkan  bangunan kuno bersejarah di Kota Gresik, tetapi tidak dibarengi dengan perawatan dan pemeliharaan," tandasnya.