B Zaelani, SE Sebut Sepak Bola Mampu Gelorakan Sikap Bela Negara dan Cinta Tanah Air

B. Zaelani, SE (kaos merah) Nobar antara Timnas Indonesia U-23  dengan Turkmenistan di Warkop Pitulikur, Jalan Bagong Tambangan 32  Ngagel Surabaya/RMOLJatim
B. Zaelani, SE (kaos merah) Nobar antara Timnas Indonesia U-23  dengan Turkmenistan di Warkop Pitulikur, Jalan Bagong Tambangan 32  Ngagel Surabaya/RMOLJatim

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku yang mengedepankan aspek kebangsaan dibandingkan dengan kepentingan pribadi ataupun golongan. Salah satu aspek yang dapat menjadi tumpuan dalam mewujudkan prestasi olah raga sepakbola Indonesia di kancah internasional.


Terbukti sepak bola menjadi kultur di berbagai negara dan mampu menyedot perhatian massa serta dapat menghadirkan suguhan olahraga yang tidak hanya bernilai olahraga saja, namun juga untuk  menciptakan kebanggaan kepada bangsa dan negara. 

Sepak bola tidak boleh hanya dipandang melalui semboyan “Men Sana In Corpore Sano” maupun sebatas olahraga untuk olahraga kesehatan fisik. 

"Melalui sepak bola, nama bangsa dan negara Indonesia dapat dicatat oleh dunia internasional dengan prestasi olahraganya, dapat mencerminkan sikap bela negara yang dimiliki oleh atlet yang ditunjukkan dengan pencapaian prestasi dalam sepak bola," kata B. Zaelani, SE dikutip Kantor Berita RMOLJatim di Warung Kopi (Warkop) Pitulikur, Jalan Bagong Tambangan 32  Ngagel Surabaya, Selasa (12/9)

WarKop Pitulikur menayangkan siaran langsung melalui televisi acara Nonton Bareng (Nobar) pertandingan sepak bola antara Tim Nasional Indonesia U-23 berhadapan dengan Tim Nasional Turkmenistan. 

Kualifikasi Piala Asia 2024 diselenggarakan di Stadion Manahan Solo, Selasa (11/9). Laga ini dimulai pukul 19.00 WIB.

Peluang Timnas Garuda Muda Indonesia menuju Qatar tahun depan terbuka lebar setelah meraih kemenangan di laga pembuka Grup K babak Kualifikasi Piala Asia U-23. 

Armada asuhan Shin Tae Yong menang telak 9-0 atas Chinese Taipei, Sabtu (9/9).

Sebelumnya, Turkmenistan juga sukses meraih kemenangan atas Chinese Taipei pada Rabu (6/9) lalu. Namun, Turkmenistan hanya menang dengan skor 4-0.

Bagi Indonesia, untuk memastikan lolos ke Piala Asia U-23 2024, harus meraih kemenangan atau minimal bermain imbang atas Turkmenistan. 

Jika Indonesia kalah dengan skor berapapun, maka Turkmenistan yang akan lolos sebagai juara dari Grup K.

Namun, tiket sebagai runner up terbaik tetap masih ada. Sebab ada 4 tiket untuk runner up terbaik dari 11 Grup yang ada.

Cinta tanah air adalah rasa hormat, kasih sayang, dan kecintaan pada negara tempat tinggal seseorang. 

Ini merupakan bagian penting dari jati diri seseorang dan memainkan peran besar dalam membangun identitas dan integritas bangsa.

Berkumandangnya Lagu Indonesia Raya sebelum laga digelar, menambah semangat membela Tim Nasional Indonesia. Pertandingan berlangsung seru. 

Sorak sorai, tepuk tangan, pun terdengar ucapan slengekan khas arek-arek Suroboyo di warung kopi yang disesaki kaum muda milenial. Hasil pertandingan yang digelar malam hari dimenangkan oleh Timnas Garuda Muda. 

Gol Indonesia dicetak oleh Ivan Jenner di babak pertama dan Arhan Pratama di babak kedua. Timnas Indonesia U-23 memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Tampak B. Zaelani, SE sumringah atas kemenangan Tim Indonesia. Dirinya menonton acara tersebut, berbaur bersama anak-anak muda gila bola. Menikmati cemilan, makanan dan teh hangat. 

Dirinya beserta tim juga mengenakan jersey kebanggaan Tim Garuda Muda Indonesia.

B. Zaelani, SE merupakan calon legislatif (caleg) yang diusung oleh PDI Perjuangan untuk perebutan Calon Anggota DPR RI Periode 2024 - 2029 di daerah pemilihan Jawa Timur 1 (Kota Surabaya dan Kab. Sidoarjo) nomor urut 4. Dengan Surat Suara berwarna kuning.

Alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan semangat dan slogan 'Menggapai Indonesia Maju Dan Sukses' terus melakukan kegiatan menyapa langsung masyarakat, menebar kebaikan ke semua komunitas ataupun kelompok.

Pria yang berpenampilan simpatik dan santun, sekarang menempati Posko Pemenangan Sedulur Dewe Di Wisma Menanggal 2/9 Surabaya, membuka call center melalui HP/WA 082141319010. 

Lulusan Lemhanas PPA XVI/2009 tersebut, mengatakan siap menerima tamu dari semua kalangan dengan berbagai permasalahannya. 

Penyerapan aspirasi tersebut akan ditindaklanjuti, bila perlu difasilitasi agar pengaduan masyarakat Surabaya dan Sidoarjo bisa ditangani pihaknya dengan baik.