Upaya Meningkatkan Kualitas Mitigasi Bencana Satpol PP dan Damkar Tambah Dua Unit Armada

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Madiun menambah dua unit armada baru sebagai upaya meningkatkan kualitas mitigasi bencana. Sebagai rasa syukur Satpol PP dan Damkar mengadakan selamatan yang dipimpin langsung Bupati Madiun H Ahmad Dawami.


"Penambahan dua unit armada baru ini untuk mendukung penanggulangan bencana kebakaran di Kabupaten Madiun. Semoga Kabupaten Madiun dijauhkan dari segala bentuk bencana, " kata Bupati Madiun, yang akrab disapa Kaji Mbing kepada kantor berita RMOLJATIM, kamis (21/9). 

Dua armada baru tersebut berupa satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dengan kapasitas 5000 liter air untuk layanan pemadaman kebakaran dan satu unit mobil komando untuk penyelamatan dan pertolongan. 

Penambahan dua unit armada ini merupakan program prioritas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Madiun yang bersumber dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023.

Meskipun armada sudah diperkuat, dan petugas damkar selalu siap siaga, Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun ini berharap penanganan preventif berupa edukasi dan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat terus dijalankan. 

"Saya berharap edukasi pencegahan kebakaran bisa terus dilakukan, sehingga ketika terjadi bencana kebakaran masyarakat  juga sudah siap. Alternatif terakhir armada juga kita siapkan, sehingga kalau ada kebakaran kita sudah siap," jelasnya. 

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Madiun, Didik Hariyanto berharap dengan adanya tambahan armada baru ini selain menambah kepercayaan anggota damkar, juga dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya di dalam pemadaman kebakaran.

"Dengan tambahan armada baru ini tentunya juga menambah kecepatan dalam rangka memberikan pelayanan pemadaman kebakaran kepada masyarakat. Sekaligus mobil komando ini nanti bisa digunakan untuk kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran. Sesuai yang disampaikan Pak Bupati bahwa armada ditambah kekuatannya, tapi yang terpenting adalah bagaimana memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan kebakaran, " ujar Didik. 

Dengan adanya penambahan dua unit armada baru tersebut, saat ini total unit pemadam kebakaran di lingkup Satpol PP dan Damkar Kabupaten Madiun ada sebanyak 5 unit mobil damkar  jenis Fire Fighter, 1 mobil damkar water supply, 1 mobil komando dan 2 unit mobil untuk penyelamatan.