19 Calon Kades Akan Bertarung Dalam Pilkades Serentak 6 Desa Di Jember, Polisi Kerahkan 600 Personil Gabungan

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 6 Desa di wilayah Kabupaten Jember, Senin (25 September 2023. Pilkades yang tersebar di 5 kecamatan ini, akan diikuti 19 calon. Jumlah calon setiap desa itu, bervariasi mulai dari 2 calon hingga 5 calon


Informasi yang dihimpun Kantor Berita RMOLJatim,  jumlah keenam Desa tersebut, yaitu  Desa padomasan Kecamatan Jombang ada 5 calon, Desa Sari Mulyo Kecamatan Jombang ada 3 calon, Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas ada 2  calon, Desa Tanggul kulon Kecamatan Tanggul ada 2  calon, Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari ada 2 calon dan Desa Pace kecamatan Silo, ada 5 calon.

Karena itu untuk menjamin keamanan dan kondusifitas pelaksanaan Pilkades serentak di 6 Desa tersebut, Polres Jember mengerahkan 600 personil pengaman gabungan. 

"Jauh-jauh hari kami telah melakukan persiapan yang matang untuk mengamankan Pelaksanaan Pilkades serentak ini. Kami kerahkan 600 personil gabungan Polri-TNI dan Linmas," ucap Wakapolres Jember, Kompol Hendry Ibnu Indarto, usai apel Pergeseran Pasukan di Mapolres Jember, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (24/9).

"Kami berharap sahabat-sahabat sekalian, bisa menjalankan tugas dengan sepenuh hati," sambungnya.

Dia juga menegaskan bahwa langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pelaksanaan Pilkades di 6 desa tersebut. Pengamanan tersebut mencakup berbagai aspek, termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan Pilkades.

Selain itu Polres Jember juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam Pilkades ini. Dengan demikian bisa terpilih Kades, yang definitif sesuai harapan masyarakat. 

"Kami juga berharap  masyarakat dapat berpartisipasi menjaga keamanan, dengan menjaga ketenangan dan kedamaian selama proses Pilkades serentak ini," pintanya.

Usai apel pergeseran personel, ratusan anggota Polres Jember tersebut, selanjutnya digeser dibagi keenam desa yang menggelar Pilkades.