Kunci T Patah saat Dipakai Merusak Gembok, Dua Curanmor Gagal Dapat Motor

salah satu pelaku yang terekam CCTV/ ist
salah satu pelaku yang terekam CCTV/ ist

Dua orang tak dikenal  mencoba melakukan pencurian kendaraan di halaman parkir tempat usaha percetakan di Jalan Petemon gang IV/166, Sawahan, Minggu (1/10) sekitar pukul 03.58.  


Aksi kedua terduga pelaku terekam closed circuit television (CCTV) yang terpasang di sudut atap. Tapi usahanya gagal karena kunci T yang dipakai merusak gembok patah.

"Mereka mengincar motor milik karyawan percetakan yang diparkir di halaman rumah  namun gagal karena kunci untuk buka gembok patah di dalam," ungkap Irwan, warga setempat, Minggu (1/10).

Berdasarkan rekaman CCTV, kedua terduga pelaku datang ke TKP boncengan mengendarai motor Honda Beat pelat nomor L 3113 IJ. 

Pelaku berbaju biru turun dan merusak kunci T yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kemudian mengambil kunci lalu merusak gembok pagar, tapi gagal.

Sedangkan pelaku yang berperan sebagai joki menunggu di motor sambil mengawasi situasi.

"Kunci T patahannya masih menancap di gembok pagar," jelas Irwan saat ditemui di TKP. 

Karena patah sehingga otomatis kedua terduga pelaku tidak bisa membuka pintu pagar. Akhirnya mereka memilih kabur ke arah timur Jalan Petemon.

Irwan mengungkapkan, pelaku mengincar motor milik karyawan, ada banyak motor yang diparkir. Percetakan banyak pegawainya dan sedang bekerja saat kejadian. 

"Karena lokasi percetakan tidak cukup, sehingga menyewa lahan parkir di rumah milik Bu Heny untuk motor karyawan," jelas dia.

Ketahuannya ada maling motor menyatroni parkiran, ketika penghuni rumah hendak berangkat bekerja dan menggunakan motor. Kala itu penghuni rumah coba membuka pagar dengan kunci, namun tidak bisa dan kemudian memerikanya, ternyata ada patahan kunci di lubang gembok. 

Selanjutnya, penghuni rumah bilang ke pengurus RT yang kebetulan adalah adik Irwan dan memberitahu kepadanya (Irwan). 

"Lalu dilihat CCTV  akhirnya diketahui apabila gembok berusaha dirusak maling yang terekam CCTV," pungkas Irwan, pria berambut gondrong ini, yang mengaku Kejadian percobaan pencurian di Petemon baru kali pertama.