Jabarkan Inovasi SI-LAKSMI, Bupati Blitar Terangkan Proses Layanan Pasien Ibu Hamil

Bupati Blitar menjelaskan Inovasi SI-LAKSMI
Bupati Blitar menjelaskan Inovasi SI-LAKSMI

Bupati Blitar Rini Syarifah menjabarkan inovasi SI-LAKSMI (Sistem Pelayanan Ibu Hamil Bersalin dan Nifas) RSUD Wlingi yang masuk Top Finalis KOVABLIK) (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.


Penjabaran tersebut disampaikan Rini Syarifah secara virtual diruang kerja Bupati Blitar Pendopo Ronggo Hadinegoro pada Senin, 9 Oktober 2023 disaksikan oleh para dewan juri.

Dalam penjabaran tersebut Finalis KOVABLIK Jawa Timur Tahun 2023 ini dibuka oleh Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Kurniawan Hary Putranto secara virtual diikuti oleh beberapa daerah salah satunya Kabupaten Blitar.

Kurniawan Hary Putranto menyampaikan KOVABLIK) (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Saat ini inovasi harus terus dikembangkan karena pelayanan publik, peraturan dan lainnya menjadi tuntutan masyarakat sesuai perkembangan jaman.

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar mempresentasikan inovasi SI-LAKSMI adalah layanan ibu hamil, melahirkan, nifas yang terintegrasi di RSUD "Ngudi Waluyo" Wlingi mulai dari rawat jalan, rawat inap, pengambilan obat dan kegawatdaruratan maternal di luar rumah sakit.

Inovasi ini bertujuan demi terwujudnya penurunan waktu pendaftaran ibu hamil, bersalin, dan nifas; terwujudnya penurunan waktu tunggu di pelayanan rawat jalan, pengambilan obat dan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Blitar.

Diakhir presentasi Mak Rini menyampaikan strategi keberlanjutan inovasi yaitu dengan menerapkan strategi sosial, strategi institusional dan strategi manajerial. Semoga inovasi ini bisa menjadi inovasi terbaik dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat luas.