Mantan Kepala Kemenag Ngawi Nyaleg, Zainal Arifin Ingin Pendidikan Agama Lebih Diperhatikan

Zainal Arifin, Caleg PKB dapil Jogorogo, Ngrambe dan Sine/Ist
Zainal Arifin, Caleg PKB dapil Jogorogo, Ngrambe dan Sine/Ist

Zainal Arifin saat ini terdaftar sebagai calon legislator (caleg) untuk DPRD Ngawi dari PKB dengan nomor urut 1 dapil Jogorogo, Ngrambe dan Sine. Setelah purna tugas sebagai kepala Kementerian Agama (Kemenag) Ngawi, Zainal bukannya langsung santai menikmati masa tuanya. Justru sebaliknya ia mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dengan harapan untuk lebih mengabdikan diri lagi ke tengah masyarakat. 


Saat ditemui Kantor Berita RMOLJatim mengungkapkan alasannya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

"Tentu saya akan memperhatikan secara lebih khususnya pendidikan agama baik madrasah maupun keberadaan tempat pendidikan Aku Qur'an (TPA). Tidak sebatas itu yang saya perhatikan terutama dari sisi anggarannya," ungkap pria yang pernah menjadi kepala desa di wilayahnya Desa Tanjungsari, Kecamatan Jogorogo, Rabu (10/9).

Menurutnya, lingkup pendidikan agama memang harus diperhatikan dengan pembiayaan anggaran yang memadai. Selain itu lembaga- lembaga yang berada di dalam bingkai agama harus digerakkan agar kehidupan beragama berjalan harmonis dalam modernisasi beragama yang baik. 

Zainal juga berharap, keberadaan PKB melahirkan tokoh muda dari kalangan Nahdliyin (NU). 

"Tidak sebatas rahmatan lil alamin tetapi PKB bisa menjadi wadah yang adem di tengah masyarakat yang pluralisme. Sesuai tupoksinya sebagai partai berideologi agama bahwa saya fokus pada madrasah dan pondok pesantren," tandasnya.