Penuh Khidmat, Pemkot Surabaya Gelar Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78

Teks foto: Ikhsan bersama Forkopimda Kota Surabaya saat upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 di halaman Balai Kota/ist
Teks foto: Ikhsan bersama Forkopimda Kota Surabaya saat upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 di halaman Balai Kota/ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 di halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (12/10).


Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya itu juga dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kota Surabaya serta jajaran Pemkot Surabaya.

Serangkaian upacara itu berlangsung dengan penuh khidmat. Bahkan, saat itu Sekda Kota Surabaya Ikhsan membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur dengan penuh seksama. 

Setiap pesan yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur menjadi landasan jajaran Pemkot Surabaya untuk terus berinovasi ke depannya.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa menggelar upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 78 dengan penuh khidmat,” kata Ikhsan dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini, Jawa Timur di tangan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak memang mengalami banyak kemajuan dan keberhasilan. 

Salah satu yang bisa dilihat adalah angka kemiskinan ekstrem yang terus menurun tajam.

“Dalam sambutan ibu Gubernur, tadi sudah disampaikan bahwa pada tahun 2020, kemiskinan ekstrem di Jatim 4,40 persen. Angka ini kemudian menurun di tahun 2021 menjadi 2,23 persen dan pada tahun 2022 turun lagi menjadi 1.56 persen. Sungguh ini sangat luar biasa,” katanya.

Tentunya, lanjut dia, keberhasilan ini berkt arahan dan bimbingan dari Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, sehingga semua kabupaten dan kota di Jawa Timur bergerak bersama untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

“Nah, Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, sebagai salah satu penyangga utama Jawa Timur, kami Pemkot Surabaya di bawah komando Pak Wali Kota (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) akan selalu mensupport sepenuhnya seluruh kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Ibu Gubernur dalam mensejahterakan masyarakat Jawa Timur, khusus di kami warga Kota Surabaya,” tegasnya.

Apalagi, Wali Kota Eri mempunyai beberapa program yang memang semuanya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kota Surabaya. 

Bahkan, program tersebut juga telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kota Surabaya.

“Jadi, ini juga menjadi salah satu wujud kami, dukungan kami terhadap berbagai program yang dilakukan oleh Ibu Gubernur Jawa Timur dan Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur. Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Jatim bangkit, terus melaju,” pungkasnya.