G-Creasi Bikin Milenial Probolinggo Tergerak Maju Lewat Ilmu Robotika

Pembelajaran robotika
Pembelajaran robotika

Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi) membuat milenial di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), tergerak maju lewat ilmu robotika.


Hal itu diungkapkan milenial Probolinggo usai mengikuti pelatihan robotika dari G-Creasi di Distrik Mini 4Wd, Jalan Kerapu Nomor 30, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (21/10/2023).

Salah satunya Bima. Bima merasa bersyukur mengikuti kegiatan sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo ini karena dapat pengetahuan dan wawasan baru terkait robotika.

“Kalau yang tadi saya tangkap untuk ilmunya ini bahwa belajar robot ini menyenangkan tapi tidak sesimpel yang saya bayangkan,” katanya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, Bima terdorong mengasah keterampilannya lewat sejumlah kompetisi robotika. Bima berharap ke depannya dia bersama rekan-rekan sesama milenial di Probolinggo bisa semakin maju dengan bekal ilmu itu.

“Ke depannya sih saya pengen ke praktek ya biar ilmunya tidak sia-sia. Kegiatan robotika ini juga ada eventnya, ada lombanya juga di kampus-kampus ternama di Indonesia,” pungkasnya.

Dalam pelatihan itu, para milenial dijelaskan tentang ilmu robotika, sejarah perkembangan robotika, hingga cara pembuatan robot mulai dari perencanaan desain, pemrograman, sampai pengujian.

Mereka juga melihat langsung berbagai komponen robot dan pengoperasiannya. Kemudian melakukan troubleshooting ketika terdapat masalah pada robot tersebut.

“G-Creasi menggelar pelatihan robotika. Pasarnya adalah milenial dari komunitas kreatif se-Probolinggo seperti tamiya, gundam, dan drone,” kata Koordinator Daerah G-Creasi Probolinggo Gilang Agung Prabowo.

Gilang mengatakan, pelatihan ini bertujuan menambah pengetahuan milenial untuk menghadapi era distrupsi yang serba cepat. Pasalnya keterampilan dan penguasaan ilmu robotika sangat dibutuhkan berbagai industri.

“Kita menangkap sebuah value dari Pak Ganjar yang diwakili oleh G-Creasi tentang visinya terhadap pemberdayaan milenial. Di sini kebetulan yang kami gandeng adalah komunitas yang berbau hobi,” kata Gilang.

Gilang berharap para milenial Indonesia terus meningkatkan kapasitasnya di berbagai bidang keilmuan.

Oleh sebab itu, kata Gilang, G-Creasi berkomitmen mengadakan lebih banyak kegiatan pelatihan dan pemberdayaan agar milenial memiliki semakin banyak bekal keterampilan di masa depan.

“Rencananya G-Creasi ke depan akan menggelar pelatihan berbau mekanikal yakni membuat produk dari mesin bubut untuk keperluan industri kenengah ke bawah atau UMKM,” pungkasnya.