ITS Raih Penghargaan Indonesia’s SDGs Action 2023

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat menerima penghargaan Indonesia’s SDGs Action 2023 yang diberikan oleh Menteri PPN-Bappenas RI Dr (HC) Ir Suharso Monoarfa/Ist
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng saat menerima penghargaan Indonesia’s SDGs Action 2023 yang diberikan oleh Menteri PPN-Bappenas RI Dr (HC) Ir Suharso Monoarfa/Ist

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik ke-3 pada ajang Indonesia’s SDGs Action Award 2023 dalam gelaran SDGs Annual Conference 2023 di Jogjakarta, Senin (6/11).


ITS dinilai memiliki dedikasi yang tinggi terhadap perkembangan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di bidang air, energi, dan pertanian.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan kali pertama untuk ITS dalam ajang Indonesia’s SDGs Action Award ini.

Penghargaan tahunan tersebut telah diselenggarakan sebanyak dua kali oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Ashari mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dedikasi para sivitas akademika ITS dan khususnya kepada Pusat Kajian SDGs ITS yang telah berkontribusi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan mengenai SDGs.

Di antaranya, seperti pemasangan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di berbagai pusat ekonomi desa, serta pengabdian masyarakat di bidang pertanian, air, dan energi yang berhasil mengantarkan ITS mendapatkan penghargaan tersebut.

Lebih lanjut, alumnus Teknik Elektro ITS itu mengaku bahwa saat ini masih ada kegiatan SDGs di ITS yang belum sempat untuk diintegrasikan dengan baik.

Ia pun mengharapkan dengan adanya penghargaan ini, kegiatan yang belum terintegrasi tersebut dapat disusun dan dijalankan bersama untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Insyaallah tahun depan apabila kita kerjakan bersama-sama, kegiatan yang telah dirancang dapat memberikan hasil yang terbaik untuk ITS,“ tandasnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa mengapresiasi ITS dan berbagai pihak yang telah menunjukkan kinerja terbaiknya dalam Indonesia SDGs Action ini.

Ia mengharapkan, konferensi dan penghargaan ini dapat memicu dan menentukan kembali komitmen pencapaian SDGs dengan terus berperan aktif.

“Mari kita jaga air dan bumi serta menggunakan energi dengan bijak sebagai warisan untuk generasi mendatang,” ajaknya saat membuka SDGs Annual Conference 2023.