Konsolidasi Dukungan untuk Ganjar di Kediri, Dinasti Nusantara Libatkan Pemangku Adat hingga Budayawan

Dukungan untuk Ganjar
Dukungan untuk Ganjar

Para raja, sultan, ratu, dan tokoh adat di Indonesia yang berjejaring dalam Dinasti Nusantara silaturahmi bersama dengan pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di Kediri, Jawa Timur, untuk mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024.


Berlangsung di Hotel Merdeka, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (14/11/2023), acara mendapatkan respons positif oleh pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan di Kediri. Penggagas dan penasihat Dinasti Nusantara, Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II turut hadir dalam silahturahmi ini. 

Korwil Dinasti Jawa Timur KRNgt Kusuma Ningrum mengatakan, pertemuan itu dalam rangka menciptakan suasana keakraban dan solidaritas guna memperkuat konsolidasi dukungan kepada Ganjar sebagai Presiden 2024.

“Sekarang juga untuk mencari dukungan pemenangan untuk Pak ganjar di Kediri,” kata KRNgt Kusuma.

Dalam acara silahturahmi tersebut, ditandai juga dengan penandatanganan bersama ratusan pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan dalam acara silahturahmi Dinas Nusantara Jawa Timur.  Tanda tangan itu sebagai bentuk dukungan bagi Ganjar Pranowo sebagai Presiden.

KRNgt Kusuma berharap, pernyataan sikap ini bisa menyatukan tekad dalam memenangkan Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD di Pilpres 2024.

“Saya berharap teman-teman kita menyatukan sikap kesepahaman bahwa bertekad untuk memenangkan Pak Ganjar. Karena memang kita merasakan (Ganjar) layak dan memang sudah harus mendukung Pak Ganjar,” ucap KRNgt Kusuma.

Senada, Ketua DPW Dinasti Nusantara Kediri, Ki Soetarto adanya pernyataan sikap yang dilakukan oleh pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan menjadi bukti bahwa Ganjar disukai semua kalangan.

“Jadi merupakan suatu anugerah mungkin dengan tanda-tanda itu, tanda-tanda kumpul ya raja-raja dan kepala suku di Nusantara yang begitu mendukung Pak Ganjar sepenuh hati mungkin inilah pemimpin masa depan,” ujar Ki Soetarto.

Ki Soetaro berkata sosok Ganjar Pranowo diyakininya bisa melestarikan adat dan budaya kerajaan serta meningkatkan kesejahteraan para pegiat seni budaya daerah di masa mendatang.

Keyakinan ini diperkuat karena rekam jejak Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode. Di mana, Ganjar sangat peduli terhadap adat-kebudayaan nusantara agar tetap dikenal dan tidak punah seiring perkembangan zaman.

“Pak Ganjar waktu jadi Gubernur, kami mengadakan pertemuan raja-raja nusantara dan para ketua suku dan tokoh-tokoh budaya di Magelang, itu banyak sekali yang hadir dan sebenarnya diundang pulau Jawa, tapi yang hadir seluruh Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, menurut Ki Soetaro pihaknya juga mendapatkan beragam aspirasi yang disampaikan pemangku adat, tokoh masyarakat, pelaku seni dan budayawan. Diharapkan, bisa dibahas dan ditindaklanjuti bersama Ganjar Pranowo di masa mendatang.

“Semoga di dalam pemilihan presiden 2024 ini Indonesia mendapatkan pemimpin yang betul-betul bisa melanjutkan menuju Indonesia maju, Indonesia emas 2045,”ujarnya.