Pemkab Jember Alokasikan 1 Milyar Rupiah, Untuk Pembangunan Rumah Sakit NU

Foto: Sekda Kabupaten Jember, Hadi Sasmito, saat memberikan keterangan pers di gedung DPRD Jember / RMOLJatim
Foto: Sekda Kabupaten Jember, Hadi Sasmito, saat memberikan keterangan pers di gedung DPRD Jember / RMOLJatim

Pemkab Jember berencana menganggarkan Bantuan sosial (Bansos)  Rp. 1 milyar untuk pembangunan rumah sakit Nahdlatul Ulama ( RSNU) Jember melalui Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.  Anggaran tersebut, bisa untuk gedung, peralatan kesehatan atau berupa barang dan jasa sesuai dengan Proposal yang diajukan.


"Rencana penempatan dana tersebut, pada  OPD ( Organisasi Perangkat Daerah) Bagian Kesra Skretariat Daerah Pemkab Jember," Sekda Kabupaten Jember, yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Jember, Hadi Sasmito, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (18/11).

Dia menjelaskan untuk penempatan  anggaran pada OPD pengampu tersebut juga masih menunggu dari hasil evaluasi pemerintah Provinsi Jawa Timur. Termasuk juga pengguna anggaran itu, nantinya masih akan dievaluasi oleh pemerintah provinsi. 

"Jika dalam evaluasi OPDnya berubah, pihaknya tinggal menyesuaikan dengan hasil evaluasi dan regulasi yang ada," katanya.

Hadi Sasmito juga menegaskan bahwa yang perlu dicermati penggunaan anggaran dalam proposal itu, untuk apa saja. Peruntukannya apa untuk belanja, gedung, peralatan kesehatan, serta berupa barang dan jasa dalam proses persiapan perencanaan dan pelaksanaan penganggaran. Dia tegaskan bahwa proses -proses tersebut, masih panjang alurnya. Selain itu, terpenting yang perlu dipersiapkan adalah pemenuhan azas legalitas, yakni verifikasi oleh OPD yang membidangi, 

"Apakah sudah memenuhi syarat administrasi dan kelayakan sebagai penerima hibah. Jika semuanya terpenuhi, baru nanti akan terbit SK Bupati dan NPHD ( Naskah Perjanjian Hibah Daerah), hingga dana itu cair," jelas dia.

Hadi Sasmita menambahkan dana hibah tersebut bisa berbentuk uang serta barang dan jasa. 

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) di Jalan Tampak Siring Kelurahan Antirogo, Kecamatan  Sumbersari, Rabu (18 Mei 2022) Silam. 

Ikut Hadir dalam peletakan batu pertama, yakni Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul, Walikota  Pasuruan dan Ketua PBNU Amin Said Husni, Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Jajaran Pengurus PCNU Jember.      

Dalam sambutannya, Bupati Jember, Hendy Siswanto  mengapresiasi pembangunan RSNU di Jember.  Menurutnya pembangunan RSNU sangat ditunggu warga Jember. Bupati Hendy sangat mendukung dan akan mensupport penuh pendirian RSNU ini.