Miliki Program Perluasan Lapangan Kerja, KIP-Prabowo Bergerak Menangkan Capres Nomor 2

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bertekad meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.


Hal itu disampaikan oleh Penasehat Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo-Gibran Fandi Utomo dalam deklarasi KIP Mojokerto. 

Menurutnya, Mojokerto merupakan wilayah hinterland dan penyangga kota Surabaya. Industri Kecil Menengah (IKM) yang paling menonjol di Kabupaten Mojokerto adalah IKM sepatu (anggota cluster alas kaki). Hal itu terbukti dengan dibangunnya Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST) yang merupakan pasar sepatu pertama terbesar di Indonesia.

"PPST ini melayani pembelian partai maupun eceran, serta spesifikasi produk alas kaki terlengkap termasuk sepatu dan sandal casual, sepatu olahraga, sepatu safety for industry, dan sebagainya," ungkapnya.

Fandi menjelaskan, salah satu kelebihan lainnya sebagai daerah penyangga Surabaya, Mojokerto merupakan pusat industri dan perdagangan, perhiasan perak, kaos olah raga, topi border, konveksi yang melayani pemesanan seragam instansi, kerajinan patung dan kuningan dengan ciri khas budaya Mojopahit yang diekspor sampai ke mancanegara, penghasil kerupuk rambak, dan cabe terbesar di Jawa Timur. 

"Mojokerto memiliki kawasan Industri yang cukup besar yakni Ngoro Industrial Park (Ngoro Industri Persada)," terangnya.

Pada 2022, kata Fandi, Mojokerto membangun infrastruktur jalan sepanjang 125 Km dari total 1.041 Km. Juga melakukan pembangunan infrastruktur digital untuk menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). 

Fandi Utomo yang notabene kelahiran Mojokorto, mengatakan, Mojokerto harus segera menambah dan mempercepat pembangunan infrastruktur tersebut karena akan memberikan multiplayer effect. Yaitu sekaligus dapat meningkatkan  kualitas SDM masyarakat Mojokerto. 

Dia mengungkapkan, program kerja Presiden Prabowo-Gibran adalah mendorong masyarakat, baik yang tinggal di perkotaan maupun di pedesaan, mentrasisikan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi generasi muda masuk ke dunia kewirausahaan. Prabowo-Gibran menghadirkan inovasi, dan memberikan kesempatan pekerjaan bagi banyak orang, dan program itu sangat dibutuhkan seluruh daerah di negeri ini, seperti Mojokerto.

"Prabowo-Gibran juga mendorong perusahaan untuk menempatkan angkatan kerja berusia 18-24 tahun sebagai karyawan tetap melalui subsidi premi asuransi untuk pekerja selama 12 bulan," ucapnya.

Menurutnya, peran ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi global semakin penting. Sudah banyak tercipta lapangan kerja bagi beberapa orang karena perkembangan industri kreatif. Tak hanya itu, ekonomi kreatif turut berperan serta sebagai ajang promosi budaya lokal. 

Sebagai contoh, katanya, sektor pariwisata berkembang pesat dengan dibangunnya tempat wisata desa yang seluruhnya dikelola oleh warga desa itu sendiri seperti Taman Ganjaran, Gunung Penanggungan, Candi Jolotunda, Candi Brahu, Museum Balai Pelestarian Purbakala, Museum Trowula, air terjun Coban Canggu, air terjun Dlundung, dan produk UMKM baik makanan dan minuman.

Fandi menegaskan, kemajuan infrastruktur di Mojokerto dipastikan dengan program kerja Prabowo Gibran akan didorong pertumbuhan usaha rintisan berbasis inovasi digital yang membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Tujuannya untuk membangun industri berbasis digital yang berorientasi global, yang akan dicapai dengan memberikan insentif dan modal kepada para pelakunya, termasuk juga memberikan jaminan dan kepastian hukum atas inovasi yang dihasilkan serta melanjutkan dan memperluas pembangunan jalur irigasi dan bendungan untuk air baku, pencegahan banjir, dan irigasi. 

"Membangun dan memperbaiki jalan daerah yang tidak mampu ditangani oleh pemerintah daerah Membangun infrastruktur digital dan teknologi secara merata di kabupaten/kota di Indonesia sehingga tidak ada desa yang tidak terakses internet atau internet sinyal lemah. Mengembangkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas orang, barang, dan informasi. Mensinergikan pembangunan jaringan transportasi (darat, laut, dan udara) dan pengembangan kawasan strategis yang dilakukan secara terintegrasi dalam suatu konsep perencanaan serta pengelolaan yang terpadu," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua KIP Kabupaten Mojokerto Sentot Budi Santoso mengatakan, siap membentuk koordinator kecamatan (koorcam) untuk pemenangan Prabowo-Gibran. Bahkan sampai ke tingkatan desa dan kelurahan. Harapannya, Prabowo-Gibran bisa menang dalam satu putaran.

"Kami bentuk koordinator kecamatan dan desa, tujuannya agar maksimal dalam memenangkan dan mengawal suara Pak Prabowo-Gibran," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KIP Kota Mojokerto Rudi Maruf. Pihaknya menilai, hanya pasangan Prabowo-Gibran yang mampu membawa kemajuan dengan program-programnya yang memang dibutuhkan masyarakat.

"Kami akan bekerja keras untuk kemenangan Pak Prabowo-Gibran," katanya.

Menurutnya, Prabowo-Gibran punya kelayakan memimpin Indoensia menggantikan Joko Widodo. Visi-misinya yang dibreakdown dalam bentuk program bisa diharapkan membawa kemajuan bagi Indoensia.