Cegah DBD, DPRD Dorong Sarana Kebersihan Kampung

Anas Karno saat menemui warga kampung Kutisari Utara/RMOLJatim
Anas Karno saat menemui warga kampung Kutisari Utara/RMOLJatim

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, mendorong pemenuhan sarana kebersihan kampung supaya dipercepat, seiring datangnya musim penghujan.


"Dari aspirasi warga, masih banyak yang meminta percepatan mendapatkan sarana kebersihan. Seperti bak sampah dan gerobak sampah, untuk kampung mereka," kata Anas dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (28/11).

Legislator Fraksi PDI Perjuangan Surabaya tersebut menambahkan, keberadaan sarana kebersihan ini penting untuk mencegah dampak datangnya musim hujan. 

"Dengan sarana kebersihan yang memadai di kampung. Bak sampah lengkap dengan penutupnya. Kemudian gerobak sampah yang layak fungsi, maka sampah rumah tangga bisa tertangani dengan baik. Sehingga tidak terjadi penyebaran bibit penyakit," jelas Anas saat memenuhi undangan warga kampung Kutisari Utara.

Anas Karno juga mendorong supaya warga bergotong-royong, melakukan kerja bakti bersih-bersih kampung. Untuk mencegah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang kerap terjadi saat musim hujan, juga mengantisipasi resiko genangan air.

"Membersihkan selokan-selokan saluran air dari tumpukan sampah, ataupun sendimen tanah yang tinggi. Agar aliran air tidak terhambat. Jangan menunggu pemerintah kota. Warga selayaknya bergotong royong menjaga lingkungannya," terangnya.

Jurnal kesehatan menyebutkan jenis penyakit yang sering muncul saat musim hujan antara lain Leptospirosis yang ditularkan oleh urine hewan lewat genangan air. 

Kemudian DBD, Diare, Kolera dan Flu. Penularan penyakit tersebut bisa dicegah lewat pola hidup sehat oleh masyarakat.

Pada akhir Januari 2022, wabah DB pernah menyerang belasan anak di kawasan kampung Menur Pumpungan RW 10. Seorang diantaranya meninggal dunia.