Ratnadi Ismaon Berharap BPBD Anrisipasi Tanah Longsor

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Anggota DPRD Jawa Timur Ratnadi Ismaon meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengantisipasi banjir dan tanah longsor yang ada di wilayah barat Jatim.


Pasalnya, bulan desember sudah memasuki musim penghujan di Jawa Timur.

“Untuk itu saya meminta BPBD dan seluruh pihak terkait agar mengantisipasi terjadinya longsor, terutama di titik-titik jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten. Terutama di wilayah Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Pacitan yang wilayahnya berbukit,” katanya.

Seperti diketahui, musim hujan di wilayah Jatim diperkirakan akan turun pada akhir Desember tahun ini. Biasanya, puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Februari sampai maret.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Jatim itu berharap agar pemerintah tanggap, untuk meminimalisir longsor, terutama di wilayah dekat jalan raya.

Menurut dia, para stakeholder terkait harus meningkatkan kesiapsiagaannya guna mengurangi risiko bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Selain tanah longsor, potensi banjir harus diminimalisir, agar tidak terulang.

“Drainase-drainase dan pintu-pintu air yang sudah ada harus dipantau, apakah berfungsi atau tidak. Kita harus maping mana-mana saja titik-titik yang rawan banjir dan longsor,” pungkasnya.