Meski Sering Dikecewakan Pemimpin yang Dipilih, Partisipasi Pemilih Tinggi

Anggota DPR RI periode 2014-2019, Syarief Bastaman
Anggota DPR RI periode 2014-2019, Syarief Bastaman

Partisipasi pemilih di Indonesia terhitung tinggi. Angkanya mencapai 81,97 persen. Itu menjadi cermin besarnya kepedulian masyarakat terhadap kelanjutan kepemimpinan nasional yang akan menentukan masa depan bangsa. 


Demikian disampaikan Anggota DPR RI periode 2014-2019, Syarief Bastaman, dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (7/12).

“Itu juga mencerminkan besarnya energi bangsa yang bisa digunakan untuk memajukan bangsa. Besarnya kekuatan civil society,” kata sosok yang kerap disapa Kang Iif itu.

Sayangnya, lanjut Kang Iif, masyarakat sering dibuat kecewa oleh para elite politik atau pemimpin mereka.

"Masyarakat sering di-PHP. Mereka menitipkan harapan mereka pada para pemimpin yang mereka anggap bakal menjadi suri tauladan dalam membangun budaya demokrasi di tanah air serta  mensejahterakan rakyat," tutup pengusaha asal Kota Tasikmalaya itu.

Saat ini Pemilu serentak 2024 tengah memasuki masa kampanye. Para pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif mulai menebar janji demi meraup suara yang mereka butuhkan untuk terpilih pada pesta demokrasi tahun depan.


ikuti update rmoljatim di google news