145 Formasi PPPK di Jember Dinyatakan Lolos, 30 Formasi Tak Terisi

Kepala BPKSDM Jember, Sukowinarno/RMOLJatim
Kepala BPKSDM Jember, Sukowinarno/RMOLJatim

Persaingan seleksi kompetensi calon PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kontrak) di Kabupaten Jember cukup ketat.


Dari 1.512 peserta di seluruh Indonesia, hanya 145 yang dinyatakan lolos ujian kompetensi CAT (Computer Asissted Test) dari 14 titik di Indonesia tahun 2023.

Padahal jumlah total formasi yang tersedia sebanyak 201 Formasi jabatan tehnis, tenaga kesehatan serta formasi guru.

"Jumlah PPPK tenaga tehnis dan tenaga kesehatan yang disediakan sebanyak 175 formasi serta tenaga guru 26 formasi. Namun jumlah formasi  tenaga tehnis dan tenaga kesehatan yang terisi hanya 145 orang," kata Kepala BPKSDM Jember, Sukowinarno, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (16/12) malam.

"Ada sebanyak 30 formasi yang tidak terisi," sambungnya. 

Dia merinci jumlah calon PPPK tenaga tehnis 109 formasi, hanya terisi 89 formasi. Sedangkan PPPK tenaga Kesehatan yang dibutuhkan sebanyak 66 orang, namun yang terisi sebanyak 56 orang. Tersisa sebanyak 30 formasi yang tidak terisi.

"Untuk yang 30 formasi yang tidak terisi itu, kami belum mendapat informasi akan diapakan," katanya.

Sedangkan untuk PPPK guru yang tersedia 26 formasi, sedang pendaftar yang sudah dinyatakan lolos passing grade tahun 2022 lalu sebanyak 39 formasi. 

"Ini juga kami belum tahu bagaimana, apa tetap 26 orang atau bagaimana," jelasnya. 

Untuk selanjutnya bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi kompetensi ini, mengajukan nomor induk P3K, baik tenaga teknis maupun tenaga kesehatan. 

Sedangkan untuk P3K tenaga guru di Dinas Pendidikan sampai Sabtu (16/12) pengumuman hasil CASN/PPPK belum ada. Sebagai surat BKN (Badan Kepegawaian Nasional), pengumuman diundur hingga 22 Desember tahun 2023. 

"Kepada Calon PPPK guru, dimohon bersabar menunggu pengumuman, antara tanggal 6 - 20 Desember 2023. Mudah-mudahan tepat waktu, sesuai jadwal baru itu," ujarnya.

Sebelumnya, seleksi kompetensi PPPK Kabupaten Jember sudah berakhir sejak 2 Desember 2023 lalu. Sebanyak 51 calon PPPK di 14 titik di Indonesia ini dinyatakan gugur karena tidak hadir saat ujian. Mereka ini bagian dari 1.512 peserta yang tersebar di 14 titik di Indonesia untuk memperebutkan 201 Formasi.

Sebanyak 39 pelamar PPPK Jember akan merebut formasi guru tidak perlu mengikuti tes CAT. Sebab, mereka akan disaring lewat hasil nilai ambang batasnya atau sudah memenuhi passinggrade hasil seleksi tahun 2022 lalu.


Berita Sebelumnya