Gubernur Khofifah Luncurkan Masterplan Pembangunan Sirkuit Magetan

Pada Malam Apresiasi Insan Kepemudaan dan Olahraga Jawa Timur di GOR Basket Kertajaya Surabaya, Selasa (19/12/2023) malam, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga meluncurkan masterplan pembangunan Sirkuit Magetan.


Sirkuit yang akan dibangun di Kecamatan Parang Kabupaten Magetan itu digadang akan menjadi Sport Tourism di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Magetan.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa inisiasi pembangunan sirkuit di Magetan ini berangkat dari banyaknya penggemar olahraga bermotor terutama anak muda yang meningkat secara signifikan di Jawa Timur.

"Dengan adanya sirkuit di Magetan ini diharapkan anak muda yang hobi dengan motor dapat menyalurkan hobinya dengan benar. Bandingkan dengan balapan liar, ketika sirkuit sudah disediakan maka hobi yang dimiliki oleh anak muda bisa disalurkan hingga menjadi prestasi," tegas Khofifah.

Dengan adanya sirkuit ini diharapkan juga bisa menjadi daerah tujuan wisata bagi penghobi motor di Jawa Timur maupun di Indonesia secara global.

"Dan yang penting adalah Kita akan membangun sirkuit dengan spesifikasi yang sesuai dengan standar fasilitas sirkuit menurut FIA," tegasnya.

Di mana untuk bangunan terletak diantara pit Lane dan Paddock dengan besaran minimal 1400 M2 yang terdiri dari beberapa pitbox.

Sirkuit Magetan ini juga rencananya akan dilengkapi dengan bangunan yang terletak di dekat garis finish dan dilengkapi dengan sistem komunikasi pos pencatat waktu ruang official dan ruang delegasi FIA.

Sirkuit ini juga akan dilengkapi dengan layanan pusat kesehatan yang memiliki peralatan medis canggih dengan minimal instalasi operasi dan penanganan luka bakar dan beberapa unit ambulans lengkap dengan kendaraan penolong.

Selain itu juga akan ada Tribun VIP maupun festival yang tertutup maupun yang tidak tertutup. Kemudian juga akan memiliki ruang memadai untuk parkir, restoran dan juga fasilitas umum seperti toko souvenir, tempat ibadah lavatory dan lain-lain.

"Kita berharap Sirkuit Magetan ini akan menjadi sport tourism andalan Jawa Timur yang mengkombinasikan olahraga sekaligus memperkenalkan keunggulan wisata di Jawa Timur," tegas Gubernur Khofifah.

"Dengan harapan akan mengembangkan dan menumbuhkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," pungkasnya.

Peluncuran surkuit ini juga dihadiri oleh rider Indonesia asal Magetan Mario Suryo Aji yang tahun 2024 akan masuk tim Moto2GP.