Berkunjung ke Pasar Menganti, Gus Imin Dicurhati Pedagang 

Muhaimin Iskandar
Muhaimin Iskandar

Cawapres dari Paslon nomor 1 Muhaimin Iskandar terus menarik tuas kampanyenya. Kali ini Gus Imin berkunjung ke Kabupaten Gresik. Ia mengawali kunjungannya ke Pasar Menganti Gresik menemui masyarakat dan pedagang di sana, Jumat 29 Desember 2023.


Kunjungan tersebut dilakukan Cawapres dari Capres Anies Baswedan setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Jatim. Dimulai dari Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, hingga hari ini ke Kabupaten Gresik. 

Di pasar Menganti, Gus Imin didampingi beberapa tokoh PKB, seperti Waketum Jazilul Fawaid, Hanif Dhakiri hingga Wakil Bendahara Umum Bambang Susanto. 

Hadir juga dalam kesempatan itu petinggi PKB Jatim, seperti Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah, Bendaraha PKB Jatim, Fauzan Fuadi dan beberapa politisi PKB lainnya. 

Kehadiran Gus Imin mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dengan teriakan perubahan. Tidak menyiakan kesempatan itu, para pedagang pun memberikan keluh kesahnya kepada Gus Imin terkait sepinya para pembeli. 

Menurut Cicit dari Pendiri NU Kiai Bisri Syansuri ini, sepinya pembeli salah satu penyebabnya adalah tipisnya kantong dompet masyarakat. Akar masalah dari tersebut bermuara pada tingginya angka pengangguran. 

"Pemerintah harus hadir turun tangan menangani masalah. Yang pertama pengangguran," kata Gus Imin di depan masyarakat dan pedagang. 

Selain pengangguran, rantai masalah yang juga harus diselesaikan yakni soal harga bahan pokok. Yang terjadi saat ini, dikatakannya, pendapatan masyarakat tidak ada peningkatan yang signifikan. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan harga bahan pokok yang terus menaik. 

Sehingga, masih kata Gus Imin, jangankan untuk menabung, memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, masyarakat seringkali pas-pasan, bahkan kekurangan. 

"Rakyat dompetnya harus terisi, belanjanya murah dan punya tabungan," pungkasnya. 

Diketahui, setelah melakukan blusukan di Pasar Menganti, Gresik. Gus Imin diagendakan menghadiri acara diskusi di GOR Desa Tanggulrejo. Ia kemudian menutup kampanye dengan dialog bersama nelayan dan petani di Yayasan Mangrove Center, Tuban.