Iwan Taruna Kembali Terpilih Rektor Unej Periode 2024-2028

Fendi Setiawan, Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Bersama Anggota Senat Usai pelaksanaan pemilihan rektor/RMOLJatim)
Fendi Setiawan, Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Bersama Anggota Senat Usai pelaksanaan pemilihan rektor/RMOLJatim)

Calon incambent Dr Iwan Taruna kembali terpilih menjadi rektor Universitas Jember (Unej) periode 2024-2028. Ia terpilih dalam pemilihan rektor, pada Kamis siang (4/1). Dia menang telak atas 2 rivalnya, yakni Prof Dr Kahar Muzakhar, dan Prof Dr drg Sri Hernawati. 


Dr Iwan Taruna memperoleh 105 suara, Prof Kahar Muzakkar memperoleh 22 suara. "Prof Sri Hernawati tidak memperoleh suara," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unej, Dr Fendi Setiawan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan pelaksanaan pemilihan berlangsung tertutup digelar mulai pukul 09.00 - 10,30 WIB. Jumlah total peserta yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 127 suara. Terdiri dari 83 anggota senat yang hadir dan 35 persen (44 suara) Mendikbudristek. 

"Kami tidak tahu 44 suara menteri ke siapa, karena pelaksanaan pemilihannya tertutup. Selain itu ada suara 20 pemilih dari Prof Dr Sri Hernawati dan 19 pemilih Dr Muhammad Naim," katanya.

"Berdasarkan ketentuan Pasal 9 ayat (8) dan ayat (9) Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, calon rektor dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon rektor terpilih," sambungnya.

Untuk selanjutnya calon rektor terpilih akan diusulkan kepada Menteri untuk ditetapkan dan dilantik sebagai Rektor Unej untuk masa bhakti 2024-2028.

Dijelaskan Fendi, semua calon sudah menerima hasil pemilihan tersebut. Sebab, pelaksanaan pemilihan sudah transparan dan demokratis sesuai regulasi. 

"Surat penetapan dan usulan pelantikan rektor Universitas Jember ini, akan diluncurkan ke Kemendikbudristek, Jumat (5/1) besok," katanya.

Fendi menambahkan, dalam Pemilihan Calon Rektor Kamis hari ini, dihadiri oleh Plt Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang mendapatkan mandat dan mewakili Menteri.

Rapat digelar secara tertutup, dipimpin Sekretaris Senat, Fendi Setiawan atas nama Ketua Senat. Sebab, Ketua Senat berhalangan hadir, karena  sedang menjalankan Ibadah Umroh di tanah suci Mekkah.